Ketua Forikan Bateng Berdayakan Wanita Nelayan Kurau Barat Memperkuat Ekonomi Keluarga

Irwan
Ketua Forikan Bateng Berdayakan Wanita Nelayan Kurau Barat Memperkuat Ekonomi Keluarga

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam upaya meningkatkan pembinaan usaha pengolahan hasil perikanan dan pemberdayaan wanita nelayan Desa Kurau, Kecamatan Koba dibina guna penguatan ekonomi keluarga, Kamis (24/11/2022).

Adapun kegiatan tersebut diikuti sekitar 70 orang peserta yang merupakan perwakilan dari wanita nelayan, penyuluh perikanan serta tim teknis pengumpul data pengolahan hasil perikanan.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Atika Anggraini mengatakan pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada para isteri nelayan.

"Kami berharap dapat membantu ibu-ibu dalam menambah perekonomian suami. Salah satunya dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita terutama dalam sektor perikanan, sehingga dapat meningkatkan profit dan menjadi salah satu faktor yang memperkuat ekonomi keluarga," ujarnya..

Sementara, Eva Algafry yang juga Ketua Forikan Kabupaten Bangka Tengah menuturkan dan berharap, para wanita yang ada di Kabupaten Bangka Tengah dapat mengambil peran dan berjuang bersama.

"Dalam setiap usaha memang tidak bisa selalu mulus, pasti ada gagal dan lelahnya, tapi semua itulah perjuangannya ibu-ibu. Itulah yang membuat kita tumbuh dan berkembang," tutur Eva.

Menurut Eva Algafry, para ibu bisa dan mampu menciptakan inovasi sendiri, terutama dalam mengelola hasil tangkapan ikan suaminya.

"Bu, mari luangkan waktu 15 menit saja dalam sehari untuk membaca. Bisa baca tentang resep masakan yang baik dan benar, tentang pengasuhan anak, atau ide baru untuk membuat suatu usaha dari bahan ikan ini. Sumbernya pun bervariasi, bisa dari youtube, google, atau media sosial lainnya," pungkasnya.

Hadir pula perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan UKM memberikan informasi tentang manajemen usaha pengolahan hasil perikanan. (BBR)