Ketua HNSI Bangka Harap PT. Timah Akomodir Aspirasi Nelayan

Ibnuwasisto
Ketua HNSI Bangka Harap PT. Timah Akomodir Aspirasi Nelayan
Ridwan, Ketua HNSI Kabupaten Bangka. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan berharap para pelaku usaha kapal isap produksi (KIP) yang beroperasi didepan alur muara nelayan merespon aspirasi para nelayan dan masyarakat lingkungan Nelayan I dan II Sungailiat, Bangka.

"Tadi ada ada beberapa tokoh masyarakat di Lingkungan Nelayan untuk menyampaikan ke saya terkait keluhan para nelayan. Saya minta para pelaku usaha pertambangan yang beraktivitas di bibir alur muara nelayan agar bisa memahami kondisi saat ini," ujarnya, Senin (27/1/2020).

Ia menegaskan agar pihak PT. Timah dapat dengan segera melakukan pemindahan surat perintah kerja (SPK) yang lokasi sangat dekat dengan tepi alur muara nelayan.

"Aktivitas KIP yang disampaikan oleh tokoh masyarakat itu sudah tidak wajar lagi titik lokasi kerjanya. Saya lihat sudah sangat dekat dengan tepi pantai, apalagi ini jaraknya hanya hitungan ratusan meter saja," tegas Ketua HNSI Bangka.

Ridwan dalam permasalahan ini juga merasa heran jika SPK KIP yang diberikan oleh PT. Timah bisa sangat dekat dengan tepi pantai.

"Dan SPK ini perlu adanya dilakukan evaluasi lagi. Kenapa? Karena ijin kerjanya sangat dekat dengan tepi pantai. Jika keluhan pada nelayan ini tidak juga diindahkan, secara administrasi kita akan melayangkan surat secara resmi kepada PT. Timah terkait masalah tersebut, apabila posisi dari beberapa unit KIP masih disitu," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan waktu tiga hari dari tanggal 27 sampai tanggal 30 Januari agar yang bersangkutan merespon keluhan para nelayan.

"Saya berharap PT. Timah dapat mengakomodir aspirasi dari masyarakat Lingkungan Nelayan I dan II terutama aspirasi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Seandainya kejadian ini tidak juga diindahkan oleh pihak-pihak yang terkait, jangan sampai para nelayan terkonsentrasi untuk melakukan tindakan yang di inginkan," tutup Ridwan.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review