Ketua Kwarda Babel Resmikan Bantuan Intalasi Alat Cuci Tangan di Pasar Modern Koba

kasmirudin
Ketua Kwarda Babel Resmikan Bantuan Intalasi Alat Cuci Tangan di Pasar Modern Koba
Ketua Kwarda Babel, Melati Erzaldi mempraktikkan kepada masyarakat yang hadir urutan cara mencuci tangan yang benar saat menyerahkan bantuan alat cuci tangan di Pasar Moderen Koba, Minggu (26/4/2020). (Foto: Istimewa)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi didampingi Sekretaris Gugus tugas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa kembali menyerahkan bantuan berupa alat cuci tangan, yang kali ini diletakkan di Pasar Modern Koba, Bangka Tengah, Minggu (26/4/20).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari aksi  kepedulian kwartir daerah untuk membantu masyarakat, agar mulai menerapkan gaya hidup sehat dan bersih sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Bangka Belitung (Babel).

"Untuk titik peletakannya ini, kakak-kakak dari Pramuka yang melakukan survei dan dipilih pasar ini yang merupakan salah satu pusat keramaian. Jadi sekaligus mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Tak hanya itu kita juga menyerahkan bantuan APD ke Kwarcab Bangka Tengah," ungkap Kakak Melati Erzaldi.

Sebelumnya, untuk kegiatan serupa sudah dilakukan di beberapa tempat, seperti Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Barat. Secara total Kwarda Babel akan menyerahkan 12 unit instalasi cuci tangan dan 14 set APD untuk dibagikan kepada tujuh Kwarcab se-Babel.

Lanjut Melati, untuk kegiatan kali ini Kwarda juga menggandeng Volunteer dari Aksi Baik Babel (ABB) yang menyerahkan bantuan berupa masker kain ke ABB Bangka Tengah dan rencananya akan di serah ke masyarakat.

Dengan gerakan peduli kebersihan dan kesehatan masyarakat, Melati meminta kwarcab untuk turut aktif memberikan pengarahan kepada masyarakat sekitar serta lebih gencar melakukan penyemprotan disinfektan, setelah diserahkan bantuan APD.

"Untuk Kwarcab kita minta juga untuk bergerak aktif melakukan penyemprotan disinfektan ke titik yang diperlukan. Terima kasih dukungan kakak-kakak Kwarda yang luar biasa, sehingga kita bisa memberikan kebutuhan untuk masyarakat," urainya.

Untuk diketahui, instalasi cuci tangan ini merupakan hasil karya anggota Gerakan Pramuka. Sebagai bentuk peran kwarda dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya anggota pramuka.

Pada kesempatan tersebut juga, Melati Erzaldi mempraktikkan kepada masyarakat yang hadir urutan cara mencuci tangan yang benar. 

Sementara itu, Ketua Sekretariat Puskodalops Mikron terus menghimbau kepada masyarakat untuk terus mentaati anjuran pemerintah dalam pencegahan penyabaran Covid-19 di Bangka Belitung.

"Saya ingin mengingatkan kepada warga untuk wajib menggunakan masker, bagi yang sakit ataupun yang tidak sakit. Karena langkah ini efektif untuk mengurangi penyebaran virus. Selain itu, masyarakat juga harus mentaati anjuran phisically distancing, semoga wabah Virus Corona segera berakhir," harapnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor  : Kasmir

Sumber : Babel Review