Ketua PMI Babel Imbau Masyarakat untuk Melakukan Penyemprotan Disinfektan secara Mandiri

kasmirudin
Ketua PMI Babel Imbau Masyarakat untuk Melakukan Penyemprotan Disinfektan secara Mandiri
Ketua PMI Bangka Belitung, Abdul Fatah. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Maraknya wabah dan penyebaran Covid-19 membuat resah dan panik masyarakat Indonesia, tak terkecuali Bangka Belitung. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, pada Jum'at (20/3), dilaporkan bahwa total kasus positif covid-19 berjumlah 369 yang tersebar di 17 Provinsi dengan kasus meninggal sebanyak 32 orang.

Sementara di Provinsi Bangka Belitung berdasarkan data BPBD Bangka Belitung terdata bahwa sebanyak 57 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 11 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 13 orang dalam pemeriksaan, 3 pasien negatif dan tidak ada pasien positif. Berdasarkan data tersebut, Ketua PMI Bangka Belitung, Abdul Fatah mengimbau untuk melakukan langkah pencegahan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Bangka Belitung untuk menjaga keamanan diri kita, keluarga dan kerabat dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah dan lingkungan kerja sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga tempat kita kerja dan tempat berkumpul keluarga aman dan terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Terkait dengan penggunaan cairan disinfektan, Abdul Fatah mengatakan masyarakat dapat membuat dan melakukan penyemprotan secara mandiri dengan menggunakan cairan pembersih.

"Untuk Cairan disinfektan dapat dibuat secara mandiri menggunakan cairan pemutih (bleaching), pembersih lantai atau pun karbol yang dicampurkan dengan air dengan komposisi yang ideal," imbuhnya.

Komposisi ideal dalam pembuatan larutan disinfektan, untuk penggunaan cairan pemutih (bleaching) yakni 1 liter cairan dicampurkan dengan 10 liter air, pembersih lantai yakni 1 tutup botol per 5 liter air dan karbol dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air. (BBR)


Penulis: Rilis PMI

Editor:  Kasmir