Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Bangka : Kita Akan Tindak Tegas ODP Tugil

Ibnuwasisto
Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Bangka : Kita Akan Tindak Tegas ODP Tugil
Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka, Supriyanto. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka, Supriyanto mengatakan dengan bertambahnya pasien yang positif Covid-19 di Kabupaten Bangka maka tugas timnya juga akan semakin berat.

"Kita berharap adanya dukungan dari masyarakat dan lintas sektoral untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona ini. Kami mohon bagi pasien ODP yang melakukan isolasi mandiri tidak lagi berkeliaran, jangan susah diatur atau tugil," ungkapnya, Jum'at (1/5/2020).

Seperti pasien yang positif sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan tracking kepada orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan orang bersangkutan.

"Sebelumnya untuk pasien MIK warga Batu Rusa ini juga telah kami lakukan tracking. Dan untuk melakukan tracking itu tidak bisa serta merta begitu saja tanpa adanya koordinasi lintas sektoral," kata Supriyanto yang sering disapa Ujang ini.

Dengan menambahnya pasien yang positif Covid-19 di Kabupaten Bangka ini maka pihak Tim Relawan Pemantau bersama dengan TNI, Polri dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka akan bersikap tegas kepada setiap ODP yang nakal.

"Kita akan pantau melalui gelang aplikasi maupun kepada setiap ODP yang dipantau oleh dinas kesehatan. Kalau kemarin masih ada toleransi bagi ODP yang membandel karena dijamin oleh Camat maupun Kades setempat, tapi mulai hari ini kita tidak main-main lagi," tegasnya.

Supriyanto menekankan jika saat ini memasuki fase atau masa 14 hari kedua, dan keadaan ini masih sangat rawan. Dan BNPB menargetkan bulan Juni sudah selesai melewati masa pandemi virus corona.

"Tetapi yang terjadi di Bangka justru baru mulai pandemi ini, kami meminta kepada seluruh masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Bangka untuk mematuhi apa yang sudah dianjurkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," tuturnya.

Menurutnya, Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama dengan TNI, Polri dan Tim Relawan Pemantau sudah berupaya semaksimal mungkin. Jadi masyarakat sudah saatnya untuk kompak dalam melawan penyebaran virus corona.

"Kalau masih ada yang kumpul-kumpul akan kita akan bubarkan dan jika masih ada ODP yang berkeliaran ditarik paksa. Dan yang terakhir, bagi masyarakat yang ada keluarganya baru datang dari luar pulau Bangka untuk tidak menutupi, segeralah melapor ke RT setempat karena ODP ini bukan aib. Jika kita tidak mencegahnya dari awal akan menimpa kepada orang-orang di sekitarnya," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review