Keturunan Lay Pertahankan Warisan Leluhur

Admin
Keturunan Lay Pertahankan Warisan Leluhur
Foto: Ferly Aditya dan Dok Pribadi

Pangkalpinang, BBR -- HONGKY Listiyadhi, keturunan ke-5 dari Kapiten Lay ini dipercaya menjadi pengelola La Terrase Resto. La Terrase Resto hadir di tengah kota menawarkan konsep resto melestarikan bangunan tempo dulu. “Dengan melestarikan bangunan bersejarah, kita mendapatkan nilai tambah. Pengunjung bisa tahu tentang sejarah rumah marga Lay,” tutur Hongky kepada Babel Review.

Adalah Lay Nam Sen, putra dari Lay Foeng Joe mengembangkan Kampung Katak sebagai pusat pertemuan antara masyarakat Pangkalpinang dan pemerintah Belanda. Menurut Hongki, rumah marga Lay yang kini menjadi La Terrase Resto itu dulu diperbesar untuk memfasilitasi pertemuan antara pemerintah Belanda dan penduduk Kota Pangkalpinang.

Menurut suami dari Endang Sri Hastuti ini, sekitar tahun 1860 seorang pemimpin kaum Tionghoa di Muntok yang bergelar mayor, Tjoeng A Tiam mengirim utusannya yang bernama Lay Foeng Joe untuk mengatur tata niaga di Kota Pangkalpinang. Lay Foeng Joe mendirikan pusat ekspor-impor dan perdagangan di Kampung Katak yang berlokasi di seberang sungai Rangkui.

Lay Foeng Joe juga membangun sebuah pelabuhan niaga di belakangnya. “Pada akhir abad ke 19, putra Lay Foeng Joe yang bernama Lay Nam Sen mengembangkan Kampung Katak sebagai pusat pertemuan antara masyarakat Pangkalpinang dan pemerintah Belanda," imbuhnya. Sepeninggal Lay Nam Sen, semua usaha yang ia rintis  HONGKY Listiyadhi, keturunan ke-5 dari Kapiten Lay ini dipercaya menjadi pengelola La Terrase Resto. La Terrase Resto hadir di tengah kota menawarkan konsep resto melestarikan bangunan tempo dulu.

“Dengan melestarikan bangunan bersejarah, kita mendapatkan nilai tambah. Pengunjung bisa tahu tentang sejarah rumah marga Lay,” tutur Hongky kepada Babel Review.dilanjutkan oleh Lay Djit Siong. Pemerintah pada saat itu mulai membangun struktur dan fasilitas kota, tempat hiburan, bioskop, gedung pertemuan dan pabrik es dengan didirikannya NV Meby sebagai pemilik bioskop Surya, Garuda, Banteng, dan beberapa bioskop di kota lain di Pulau Bangka. Jadilah sekarang, ketururan Kapiten Lay mengelola rumah peninggalan leluhur mereka yang kini telah menjadi La Terrase Resto tanpa menghilangkan bentuk asli yang ada. (BBR)


Penulis :Kasmirudin
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview