Kisah Pilu Roni, Honorer Pemkab Bateng yang Diberhentikan Via Telepon Setelah Mengabdi 15 Tahun

faisal
Kisah Pilu Roni, Honorer Pemkab Bateng yang Diberhentikan Via Telepon Setelah Mengabdi 15 Tahun
Roni, pegawai honorer saat masih mengurus kebun gaharu. (Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Roni, petani gaharu asal Desa Trubus, Kecamatan Lubuk besar, Kabupaten Bangka Tengah, harus memutar otak agar asap dapur tetap mengepul setelah dirinya diberhentikan setelah 15 tahun mengabdi sebagai pegawai honorer Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Bekerja sebagai pegawai honorer sejak 2005 silam, dirinya harus menerima pil pahit setelah diberhentikan sebagai pegawai honorer hanya melalui via telepon.

"Memang benar saya sudah diberhentikan sejak 8 April 2020 kemarin melalui via telepon, namun tidak dikasih tau alasannya apa,"ujarnya kepada Babel Review, Jumat (1/4/2020).

Sebagai pegawai honorer, Roni mengaku pendapatannya sebagai tukang urus kebun gaharu dicukup-cukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari, namun beban ini semakin parah setelah ia diberhentikan disaat wabah pandemi covid-19.

"Saya masih bingung alasan saya diberhentikan, saya mengabdi selama 15 tahun, seharusnya ada pemberitahuan yang lebih dari via telpon, ditengah pandemi saya pasrah kerja serawutan untuk makan,"ucap nya.

Ketua DPRD Bangka Tengah, Mehoa mengatakan, seharusnya tidak ada pemberhentian honorer disaat dampak ekonomi sangat terasa yang disebabkan pandemi wabah covid-19 saat ini.

"Saya baru tahu bahwa ada pemberhentian honorer, padahal beliau sudah mengabdi lama, walaupun kebijakan eksekutif, namun harus jelas alasannya, apa karena tidak ada anggaran atau perkebunan yang tidak produktif lagi,"jelasnya.

Ia meyampaikan, akan mempertanyakan ke OPD terkait terkait alasan pemberhentian salah satu honorer, karena setau dirinya, tidak ada pergeseran anggaran terkait pegawai sehingga seharusnya tidak ada pengurangan honorer.

"Walaupun kebijakan sepenuhnya oleh eksekutif tapi masukan dan saran yang logis dari legislatif harus di dengarkan supaya balance sebagai mitra di pemerintahan Bangka Tengah,"pungkasnya


Penulis   : Faisal

Editor      : Admin03

Sumber   : BBR