KKN Tematik UBB dan Dinsos Pemdes Bangka Beri Edukasi kepada BUMDes Desa Berbura

kasmirudin
KKN Tematik UBB dan Dinsos Pemdes Bangka Beri Edukasi kepada BUMDes Desa Berbura
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan sosialisasi dan pelatihan keuangan BUMDes yang digelar di Gedung PKK Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Rabu (17/7/2019). (Foto: Ist)

RIAUSILIP, BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan sosialisasi dan pelatihan keuangan BUMDes yang digelar di Gedung PKK Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Rabu (17/7/2019).

Sosialisasi tersebut mengusung tema “Pengoptimalan dan penguatan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)” yang dihadiri lebih dari 5 orang yang merupakan perwakilan dari BUMDes dan 10 orang aparatur Desa Berbura.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat, Dasmita. Ia mengatakan, kehadiran mahasiswa KKN Tematik UBB Desa Berbura ini, memiliki pengaruh yang sangat positif untuk kemajuan Desa Berbura khususnya untuk BUMDes di desa tersebut.

"Tentu kehadiran teman-teman mahasiswa UBB disini dapat memberikan dampak positif kepada desa ini," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini oleh pemateri dari Dinas Sosial, Pemerintah Desa Kabupaten Bangka, Yazi S. Sosialisasi tersebut berisikan materi tentang BUMDes, contoh laporan keuangan BUMDes, cara membuat laporan keuangan mulai dari kas harian, neraca, laporan laba, rugi hingga laporan keuangan selesai.

"Sebetulnya, manajemen laporan keuangan BUMDes itu hanya perlu konsentrasi saja. Selebihnya tidak perlu keahlian khusus dalam pengerjaannya. Karena laporan kuangan hanya perlu perincian pencatatan transaksi yang dilakukan didalam kegiatan operasional Bumdes," jelas Yazi S, saat memberikan materi kepada peserta.

Para peserta terlihat begitu antusias dalam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UBB Desa Berbura ini. Pelatihan dan sosialisasi yang  berlangsung selama 2 jam ini pun terasa begitu cepat.

"Pemateri memberikan paparan dengan jelas dan mantap. Sehingga materi yang disampaikan bisa terserap dengan baik. Kami diberikan kesempatan untuk mempraktekan cara-cara membuat laporan keuangan BUMDes dengan benar dan efisien. Kegiatan ini berpengaruh positif untuk kemajuan BUMDes Berbura," kata Astari, salah satu peserta kegiatan tersebut. (BBR)


Penulis  : Diko
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review