KKN UBB Belinyu Demo Pembuatan Kompos dan Penanaman Toga ke Masyarakat

kasmirudin
KKN UBB Belinyu Demo Pembuatan Kompos dan Penanaman Toga ke Masyarakat
KKN mahasiswa UBB membuat kompos dan penanaman toga di Kelurahan Belinyu. (Foto: Istimewa)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID -- Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UUB) kembali digelar dan tahun 2020. Ini merupakan Kelompok KKN ke-XV mahasiswa UBB.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini KKN dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan tema “Berkreasi dari rumah untuk pencegahan dan edukasi covid 19”.

Salah satu lokasi pelaksanaan KKN kali ini adalah Kelurahan Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, yang dibimbing dosen Eva Prasetiyono S.Pi.,M.Si. dengan mengangkat tema pada kelompok ini yaitu “Kerja, Sinergi dan Harmoni di masa pandemi”.

Ketua KKN UBB, Muhammad Ridho menjelaskan, ada beberapa program kerja KKN yang akan dilaksanakan di Kelurahan Belinyu, salah satunya adalah bidang bermanfaat bagi lingkungan terdiri dari pembuatan kompos padat dengan bahan utama kotoran sapi, penanaman serta penataan tanaman toga yang dilaksanakan di RT 02.

"Untuk kegiatan pembuatan kompos telah kami laksanakan pada Senin (20/7/2020) kemarin, oleh tim lapangan dihadiri oleh lurah Belinyu serta masyarakat setempat," katanya dalam rilis yang disampaikan kepada babelreview.co.id.

Selain itu Ridho mengatakan, kelompoknya juga melakukan penyemaian tanaman toga dan sebagian penataan tanaman toga telah dilaksanakan mulai dari 20 -21 Juli.

Tim rumah melakukan kegiatan pembuatan modul tentang cara membuat berbagai macam kompos dan khasiat tanaman toga bagi kesehatan, sebagai edukasi masyarakat setempat dan pengembangan pondok bacaan yang terdapat di perbatasan RT 2 dan RT 3.

"Kegiatan KKN ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi program lanjutan bagi kelurahan Belinyu. Pelaksanaan KKN ini akan berlangsung 36 hari terhitung dari tanggal 15 Juli hingga 19 Agustus 2020," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Rilis

Editor   : Kasmir

Sumber : UBB