KKN UBB Desa Kace 2020 Siapkan Program Kerja Unggulan

kasmirudin
KKN UBB Desa Kace 2020 Siapkan Program Kerja Unggulan
Mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang tergabung dalam kelompok KKN Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, mulai melaksanakan kegiatan KKN selama 36 hari terhitung mulai Rabu (15/7/2020). (Foto: Istimewa)

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang tergabung dalam kelompok KKN Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, mulai melaksanakan kegiatan KKN selama 36 hari terhitung mulai hari ini, Rabu (15/7/2020). KKN UBB angkatan XV ini mengangkat tema “Berkreasi dari Rumah untuk Pencegahan dan Edukasi COVID 19”. Mengusung tema tersebut, mahasiswa diharapkan mampu memberikan program kerja terbaik di masa conditional Covid-19.

“KKN di masa Covid- 19 diharapkan bisa menyesuaikan program kerja yang dapat meningkatkan potensi desa. Diharapkan nantinya di setiap program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa mencakup tiga aspek yaitu: dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, dapat eksis di media sosial, dan pelaksanaan program kerja dapat dipublikasi sebagai sebuah karya ilmiah tentang pengabdian kepada masyarakat,” ujar Dosen Pembimbing Lapangan Desa Kace, Julia.

KKN di Desa Kace kata Julia, mengusung konsep “Mengabdi Tanpa Batas, Walau Pandemi Belum Tuntas”. Mahasiswa KKN Desa Kace mengharapkan walaupun masa conditional Covid-19 belum tuntas, pengabdian yang menjadi kewajiban dari seorang mahasiswa tetap dapat dilaksanakan.

“Hal ini yang membuat Mahasiswa KKN di Desa Kace merancang berbagai program kerja unggulan yang telah disesuaikan dengan tema yang diusung. Diharapkan nantinya program kerja yang telah direncanakan ini akan dapat meningkatkan potensi desa, sehingga dapat membantu masyarakat yang telah terkena dampak dari pandemi Covid-19 dari sisi bidang sosial dan ekonmi,” imbuhnya.

Salah satu program unggulan yang diusung adalah One-Village, One Product. Program ini diusung untuk mengangkat potensi desa yang belum ada. Diharapkan dengan program unggulan ini nantinya akan dapat membantu masyarakat untuk menciptakan peluang baru dari berbagai bidang khususnya di bidang sosial dan ekonomi. Program unggulan ini bukan satu-satunya program yang akan diusung, masih banyak program lainnya yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan potensi desa.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan KKN di Desa Kace 2020 ini, kami mengharapkan seluruh program kerja unggulan yang dilaksanakan mahasiswa nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (BBR)


 

Penulis : Anggi Andrian (Mahasiswa UBB)

Editor   : Kasmir

Sumber : UBB