KKN UBB Romodong Indah Gaet PT Timah Tbk Poles Pulau Putri Agar Lebih Menggoda

Ahada
KKN UBB Romodong Indah Gaet PT Timah Tbk Poles Pulau Putri Agar Lebih Menggoda
Mahasiswa KKN UBB Desa Romodong Indah melakukan kegiatan pengembangan ekowisata bahari Pulau Putri, Rabu (5/8/2020). (Ist)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID -- Tim KKN UBB Romodong Indah bekerja sama  dengan UPLB (Unit Penambangan Laut Bangka) Belinyu menginisiasi pengembangan ekowisata bahari Pulau Putri.

Bersinergi dengan HKM (Hutan Kemasyarakatan) Penyusuk Permai, pengembangan ekowisata Pulau Putri ini dikhususkan pada wisata bawah laut.

Kegiatan yang dimulai Rabu (5/8/2020) tersebut bertujuan mengenalkan keindahan  wisata bawah laut Pulau Putri kepada masyarakat lokal dan para wisatawan.

Selama ini wisatawan yang datang ke Pulau Putri hanya sekedar berkeliling menyusuri daratan di Pulau Putri, dan jarang sekali mengekspos dan melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan ekosistem terumbu karang di Pulau Putri, yang sangat cantik dan menarik untuk di telusuri oleh wisatawan.

Oleh karena itu dengan memanfaatkan kekayaan serta potensi Pulau Putri inilah yang membuat suatu terobosan baru bagi Tim KKN UBB Romodong Indah.

Agar tujuan tersebut bisa terealisasi, Tim KKN UBB mengajak berbagai pihak untuk bersinergi bersama agar kegiatan ini berhasil  dan memberikan dampak positif jangka panjang menjadi pontensi omzet wisata di Pulau Putri.

"Kita bersama dengan PT Timah Tbk,  karena di Pulau Putri ini terdapat Transplantasi Terumbu Karang dan Fish Shelter yang merupakan objek milik PT Timah Tbk, sebagai bentuk Rehabilitasi Laut khususnya di Pulau putri yang sudah berjalan maksimal," ujar Jodi Rohman, Ketua KKN UBB Romodong Indah.

Sasaran dari kegiatan ini, kata Jodi, agar kedepannya ekowisata bahari di Pulau Putri menjadi poros terdepan untuk menghasilkan pundi pundi uang bagi masyarakat di Pulau Putri.

"Dengan adanya wisata bahari ini, kita yakin wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara akan datang untuk berkunjung ke spot wisata bahari ini. Apalagi wilayah ini ditopang pantai yang indah, karena terdapat banyak bebatuan granit yang menjadi ikon laut di Pulau Putri ini. Kami optimis wisata bahari di Pulau Putri cepat dikenal dan maju dalam upaya pengelolaan serta berkelanjutan secara maksimal," tukas Jodi.

Pengembangan wisata ini diharapkan kedepannya menjadi suatu objek wisata yang maju serta berkembang pesat.

Untuk mewujudkan itu semua perlu dukungan serta support dari berbagai elemen dan instansi baik pemerintah daerah maupun pihak swasta.

"Tim KKN UBB Romodong Indah bekerja sama dengan PT Timah Tbk, pemerintah desa,HKM Penyusuk Permai serta masyarakat demi mewujudkan ekowisata bahari di Pulau Putri ini," ungkap Jodi.

Program Mahasiswa KKN UBB ini mendapat respon positif dari Ketua HKM Penyusuk Permai, Akli.

"Kedatangan adik adik KKN UBB ini sangat membantu kami dalam upaya pengembangan ekowisata bahari. Sejauh ini wisata bahari Pulau Putri hanya dinikmati di daratannya saja. Tetapi setelah adanya mereka serta konsep yang diberikan untuk mencanangkan wisata bawah air, saya yakin Pulau Putri akan menjadi wisata yang maju," ukar Akli. (BBR)
Sumber: KKN UBB Romodong Belinyu