KKN UBB Siap Sukseskan Penilaian Akreditasi Perpustakaan Desa Kimak

kasmirudin
KKN UBB Siap Sukseskan Penilaian Akreditasi Perpustakaan Desa Kimak
Mahasiswa UBB sat melakukan KKN di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Jumat (17/7/2020). (foto: Istimewa)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) XV dengan tema “Berkreasi dari Rumah untuk Pencegahan dan Edukasi Covid-19” telah resmi dimulai sejak 15 Juli 2020 lalu.

Peserta  KKN yang tergabung dalam kelompok KKN Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, yang diketuai oleh Yusuf Al-amin, Jum’at (17/7/2020) mulai melaksanakan program kerja di perpustakaan desa dan Posyandu. Kedua kegiatan tersebut menjadi fokus mahasiswa KKN UBB saat ini, karena pada bulan ini akan dilakukan penilaian akreditasi di kedua tempat tersebut.

“Saya dan teman-teman turut andil dalam kegiatan penilaian akreditasi ini, kegiatan yang kami lakukan seperti membuat irigasi air atau selokan di Posyandu. Membantu membuat dekorasi Posyandu. Selain itu untuk di perpustakaan kami akan mengecat ulang pagar, membantu mendekorasi pojok kreativitas, dan melakukan pengadaan fuzzel untuk mengasah kreativitas anak-anak,” ujar Yusuf.

Diketahui pada tahun 2019 Perpustakaan Desa Kimak mendapat program dari Perpustakaan Nasional, yaitu program Trasformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Pada tahun 2020 ini Perpustakaan Depati Bahrin ini, ditunjuk untuk mengakreditasikan perpustakaannya. Untuk di Kabuapaten Bangka sendiri Perpustakaan Desa Kimak merupakan salah satu dari 10 perpustakaan yang diikutkan dalam penilaian akreditasi pada bulan Juli ini akan dinilai oleh supervisor Perpustakaan Nasional.

Sementara panitia pertanggung jawab perpustakaan tahun lalu, Rifki mengatakan, peserta KKN UBB dapat bekerja sama dalam memajukan perpustakaan Desa Kimak.

“Semoga dengan kedatangan peserta KKN UBB di Desa Kimak tahun ini, dapat bekerja sama dalam memajukan perpustakaan dan memberikan pengajaran dalam mengaplikasikan program komputer di perpustakaan itu sendiri dan semoga dapat menjadi salah satu program kerja yang bermanfaat kedepannya,” jelas Rifki.

Rifki berharap akan ada program kerja seperti les komputer ke depannya di Desa Kimak.

KKN di masa Pandemi Covid-19 saat ini memasuki tahap transisi ke new normal, namun DPL KKN Desa Kimak, Suhaidar,S.E.,M.Si tetap mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada di desa dan minimal tetap menggunakan masker dalam melakukan kegiatan yang berinteraksi dengan banyak orang.

Para mahasiswa KKN berharap semoga dalam proses yang dijalani ini, akan memberikan hasil yang terbaik dan dalam penilaian Akreditasi nantinya akan memperoleh penilaian yang baik dari tim penilai. Sehingga Desa Kimak kedepannya akan semakin unggul. (BBR)


Penulis : Siti Rizky Aulia (Mahasiswi UBB)

Editor   : Kasmir

Sumber : UBB