Klinik Kesehatan Babel Lakukan 56 Rapid Test, Dua Dinyatakan Reaktif

diko subadya
Klinik Kesehatan Babel Lakukan 56 Rapid Test, Dua Dinyatakan Reaktif
ketua Sekretariat GTPP Covid-19 Babel, Mikron Antariksa (BBR/Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara masif melakukan Rapid Test untuk memutus penyebaran Covid-19. 

Rapid test dilakukan di Klinik Kesehatan Pratama Dinas Kesehatan (Dinkes) Babel yang diikuti oleh petugas lapangan sebanyak 56 orang di Rapid Test dimana dua diantaranya dinyatakan reaktif.

Ketua Sekretariat Pusat Pengendalian dan Operasional (pusdalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, membenarkan adanya dua hasil reaktif terhadap dua orang tenaga lapangan tersebut. 

" Berdasarkan Informasi yang diterima, dari 56 orang yang di Rapid Test hari ini 2 diantaranya hasilnya reaktif, lalu mereka berdua langsung dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Polymerase Chain Reaction (PCR), dan diisolasikan di Wisma Diklat BKPSDMD Babel," katanya.

Sementara, khusus untuk keluarga mereka yang dinyatakan Reaktif diminta isolasi mandiri di rumah dengan dipantau tenaga kesehatan.

"Kami juga melakukan penelusuran epideminya, apakah berasal dari tempat zona merah atau pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi," jelas Mikron. 

Selain itu, Mikron juga mengungkapkan pihaknya menerima data dari petugas lapangan di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kabupaten Bangka Barat, bahwa ada dua orang penumpang yang hasil Rapid Test-nya reaktif. 

"Dua orang ini baru pulang dari luar daerah, kemudian di periksa petugas lapangan, hasilnya Reaktif, Keduanya akan ditindaklanjuti dengan dikarantina di Wisma Diklat BKPSDMD Babel," pungkas Mikron. 


Laporan : Diko Subadya

Sumber : Babelreview