KM Bahari Indonesia Terbakar di Perairan Belitung, Para ABK Dievakuasi ke Kalimantan

kasmirudin
KM Bahari Indonesia Terbakar di Perairan Belitung, Para ABK Dievakuasi ke Kalimantan
Peta lokasi terbakarnya KM Bahari Indonesia. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang menerima info dari Bimo, staf PT. Fajar Bahari Indonesia pada Selasa (21/7/2020) pukul 16.00 WIB bahwa sekira pukul 15:30 WIB KM Bahari Indonesia terbakar pada posisi 04 10 30 S - 107 09 47 E.

Informasi dari nahkoda kapal, api berasal dari kendaraan dan membakar main deck (tempat penyimpanan/membawa kendaraan).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang Fazzli, S.A.P mengungkapkan pihaknya telah melakukan aksi  yaitu menghubungi instansi terkait, agen kapal, serta nomor satelite pada kapal tersebut. selanjutnya menyiapkan Kapal KN.Karna untuk evakuasi para korban.

Meskipun dalam penunjukan SAR Mission Coordinator yaitu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Jakarta, Hendra Sudirman yang telah mengerahkan KN SAR Wisnu ke lokasi serta meminta KN SAR Karna Pangkalpinang untuk disiapkan sebagai back up operasi, mengingat lokasi kejadian berada di wilayah Pulau Belitung serta rencana evakuasi yang direncanakan ke rumah sakit umum daerah di Tanjungpandan.

“Kami menerima telegram bahwa Helikopter Basarnas HR-3605 akan diterbangkan ke area pencarian dan rencana evakuasi ke Belitung,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, Fazli.

Menurut Fazli, informasi yang diterima bahwa semua ABK berjumlah 26 orang telah diselamatkan oleh kapal  Samudra Jaya Abadi. Selanjutnya dievakuasi ke Pelabuhan Ketapang Kalimantan. (BBR)


Penulis : Rilis

Editor   : Kasmir

Sumber : Humas Kantor PP Kelas B Pangkalpinang