Komisi 1 DPRD Usulkan Pemkab Siapkan SDM Khusus Produk Lokal dan UKM

kasmirudin
Komisi 1 DPRD Usulkan Pemkab Siapkan SDM Khusus Produk Lokal dan UKM
Sekretaris Komisi 1 DPRD Bangka Selatan, Samsir, ST, MM. (BBR)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Dorongan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Pengadaan Barang dan Jasa Khusus Produk Lokal dan Usaha Kecil Menengah (UKM), disampaikan oleh Komisi 1 DPRD Kabupaten Basel.

"Mengingat adanya revisi atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, yang telah direvisi menjadi Perpres Nomor 16 tahun 2018, dimana terdapat 227 perubahan salah satunya pemerintah akan memberikan prioritas kepada penyedia barang dan jasa yang memiliki produk lokal dan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah," jelas Sekretaris Komisi 1, Samsir, ST, MM pada Jumat (14/6/2019).

Dikatakannya, hal ini akan menimbulkan masalah jika  pemerintah kabupaten/kota yang belum memiliki SDM yang cukup untuk menempati posisi tersebut, khususnya yang berhubungan dengan persyaratan golongan dan kepangkatannya.

Tahun 2021 nanti, lanjutnya, jika pemerintah kabupaten/kota belum memiliki SDM yang sesuai standar akan terancam tidak bisa melakukan pengadaan barang dan jasa secara mandiri maupun lelang dan itu memungkinkan terjadi di Kabupaten Basel.

" Untuk mengantisipasi hal tersebut, komisi 1 mengingatkan Pemkab Basel khususnya Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKPSDM) Basel, agar menyiapkan SDM bidang pengadaan barang dan Jasa sesuai dengan yang dipersyaratkan dan melakukan mutasi SDM ke bagian yang akan membidangi proses pengadaan barang dan jasa serta memasukkan juga dalam Formasi CPNS tahun 2020, " tandasnya. (BBR)


 

Penulis  : Andre
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review