Koni Bangka Siap Bawa 360 Kontingen Porprov Ke Bangka Tengah

Admin
Koni Bangka Siap Bawa 360 Kontingen Porprov Ke Bangka Tengah
foto: Irwan

SUNGAILIAT, BABELREVIEW – KONI Kabupaten Bangka siap menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan  digelar di Kabupaten Bangka Tengah pada November mendatang. Bahkan KONI Bangka  sudah menyiapkan pemusatan latihan daerah (Pelatda) sejak Juli 2017.

Ketua Koni Bangka Denny Hasbi mengatakan, persiapan yang dilakukan tinggal pemantapan, karena pihak KONI sudah melakukan komunikasi dengan masing-masing cabang olahraga (cabor) di Kabupaten Bangka yang akan mengikuti 23 cabor. “Alhamdulillah saat ini persiapannya sudah 90 persen dan kami siap menghadapi Porprov di Bangka Tengah nanti.

 Mungkin ada kekurangannya, tinggal melengkapi syarat-syarat karena penanggung jawab Porprov berada di bawah naungan Pengurus Besar (PB) Porprov itu sendiri. Kita tinggal koordinasi dengan PB termasuk data-data atlet dan pelatih, jumlah cabor yang akan kita ikut sertakan termasuk pelatih maupun official itu semua ada. Juga buku teknis pegangannya juga sudah kita dapat dari PB, sudah kita sampaikan ke masingmasing cabor,” ungkap Denny Hasbi. Sebelum hari dimulainya Porprov, selama satu bulan para atlet dari semua cabor akan mengikuti training center (TC)/ pemusatan latihan.

KONI Bangka akan menerjunkan sebanyak 291 atlet, dengan keseluruhan kontingan sebanyak 360 orang. Namun yang perlu diwaspadai menurut Denny yakni faktor di luar prediksi seperti atlet utama mengalami cidera atau sakit. Sebagai solusi KONI Bangka telah menyiapkan atlet lapis kedua. “Baru-baru ini juga kita sudah memanggil 23 cabor dan semuanya telah hadir. Yang penting khusus untuk olahraga terukur ini sudah bisa dilihat dari prestasi atlet yang berprestasi pada 2017 sampai sekarang.

Contohnya seperti cabor atletik 100 meter itu kan ada limit waktunya, jadi jelas terukur dari hasilnya. Sementara kawankawan juga dari Ccbor melapor ke KONI, prediksinya sudah ada semua,” katanya. Denny mengatakan, berdasarkan pengalaman dalam kejuaraan serupa ada beberapa cabor yang menjadi unggulan KONI Bangka, seperti silat, tenis lapangan, sepak takraw, panjat tebing, renang, menembak dan tenis meja.

Walaupun menurutnya semua cabor memiliki peluang yang sama memboyong prestasi untuk Kabupaten Bangka. “Tapi kalau bicara secara umum kami tidak muluk-muluk menargetkan juara 2 umum dengan raihan 60 emas dari 262 nomor pertandingan. Karena pertimbangannya kalau saya menar getkannya terlalu berat nanti malah jadi beban para atlet, itu juga sudah sesuai dengan laporan dari masing-masing cabor dan sudah kita rapatkan.

Itulah target kami,” katanya. Denny berharap, atlet itu bisa terus berlatih dengan semangat dan tekun, serta menjaga stamina sampai pada saat hari pertandingan Porprov.“Pelatda kami juga sudah berjalan satu tahun. Jadi kami dan teman-teman dari cabang olahraga selalu semangat dengan dibantu oleh Pelatda,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Pelatda Bangka Yunizar menjelaskan secara teknis berbagai persiapan menuju Porprov Bangka Tengah.  “Sejak tahun 2017 sudah membentuk tim Pelatda dari mulai Juli 2017 sampai dengan Maret 2018. Itu kami sebut tim Pelatda tahap 1. Berikutnya April 2018 sampai Oktober 2018 kami sebut tim Pelatda tahap 2,” ungkap Yunizar.

Dalam Pelatda, pengurus sudah menyaipkan segala sesuatu menghadapi Porprov, yakni dengan program kepada seluruh cabor untuk ikut dalam try in, try out dan simulasi. Selain itu ada beberapa cabor yang sengaja dikirim untuk ikut kejurnas di daerah lain. Selanjutnya Pelatda sudah melaksanakan tes fisik bersama dengan seluruh atlet, dengan tujuan untuk mempersiapkan atlet dalam menghadapi Poprov agar dapat tampil dengan gemilang.

“Itu keseriusan kami untuk melaksanakan event besar di daerah. Beberapa cabor kami sudah bekerjasama dengan pelatih dari luar yang sudah tingkat nasional, agar tidak hanya dapat bersaing di tingkat provinsi, namun juga ke tingkat nasional bahkan internasional,” jelasnya. (BBR)


Penulis : Irwan
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview