Korpri Pemprov Babel akan Bentuk Koperasi untuk Kesejahteraan Pegawai

kasmirudin
Korpri Pemprov Babel akan Bentuk Koperasi untuk Kesejahteraan Pegawai
Rapat Sosialisasi Pembentukan Koperasi Korpri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di Ruang Tj. Pesona, Kantor Gubernur Bangka Belitung, Kamis (13/2/20). (Foto: Umar)

PANGKALPINANG,BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam upaya mensejahterakan anggota Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan membentuk Koperasi Korpri. Rencana tersebut disampaikan dalam  Rapat Sosialisasi Pembentukan Koperasi Korpri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di Ruang Tj. Pesona, Kantor Gubernur Bangka Belitung, Kamis (13/2/20).

Kegiatan ini dihadiri Pj. Sekda Provinsi Bangka Belitung, Yulizar Adnan, yang mewakili gubernur Bangka Belitung. Selain itu, hadir juga Ketua Korpri Babel, Yan Megawandi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung, Elfiyena, Kepala Dinas Perpustakaan Bangka Belitung, Asyraf Suradin, Kepala Bakuda Bangka Belitung, Fery Afriyanto, serta perwakilan dari Notaris Febrianto dan undangan lainnya.

Pj. Sekda Provinsi Bangka Belitung, Yulizar Adnan, mengatakan bahwa ia mendukung pendirian Koperasi Korpri ini. Nantinya, koperasi ini nanti akan menyiapkan keperluan – keperluan pegawai di jajaran Pemprov Babel.

“Tentunya apabila nanti SKPD menyiapkan hari besar keagamaan, pemberian bingkisan melalui koperasi. Seperti dikatakan Ketua Korpri Babel, Yan Megawandi, saat ini uang yang terkumpul selama ini sebesar Rp 1,2 miliar. Saying kalau tidak diputarkan melalui koperasi, semoga lancar," ungkap Yulizar Adnan.

"Kami mohon kepada pihak notaris, agar dapat memberikan yang terbaik. Supaya tidak tersesat di jalan yang terang," ungkapnya sambil berkelakar.

“Ini harus jalan, kita akan persiapkan semua apa yang diperlukan terkait pembentukan Koperasi Korpri Bangka Belitung. Mudah - mudahan bermanfaat bagi kita semua, terutama ASN di ruang lingkup Pemprov Babel,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Korpri Provinsi Bangka Belitung, Yan Megawandi, mengatakan, tujuan mendirikan koperasi adalah kita ingin anggota koperasi memanfaatkan keberadaan koperasi.

“Kami piker, bahwa kita juga harus membentuk Koperasi Korpri. Karena selama ini belum ada di tingkat Provinsi Bangka Belitung. Kita juga akan membuka unit-unit usaha yang nanti akan membawa kesejahteraan bagi anggota Korpri yang ada di Bangka Belitung. Karena itu, kita targetkan segera membentuk koperasi Korpri di samping agenda lain. Tahun 2020 ini, kita juga segera membentuk LKPH Korpri, untuk pendampingan anggota Korpri yang membutukan,” ujar Yan Megawandi.

Pada prinsipnya, kata Yan, keanggotaan koperasi Kopri nanti diarahkan kepada seluruh anggota Korpri yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Anggota itu terdiri dari mereka yang sudah pensiun maupun tenaga PHL yang sudah mendapatkan rekomendasi dari atasan masing - masing.

Menurut Yan Megawandi, koperasi sebagai badan usaha yang akan mendapatkan keuntungan, lalu keuntungan itu akan dibagikan kepada seluruh anggota yang ada.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung, Elfiyena, memaparkan bahwa rapat sosialisasi ini untuk mengetahui cara berkoperasi. Usulan untuk berkoperasi dalam rangka memanfaatkan uang iuran Korpri yang telah terkumpul sebanyak Rp 1,2 miliar.

Untuk pembentukan koperasi, menurut Elfiyena,  ada persyaratan yang harus dilengkapi. Dengan adanya notaris, dapat membantu koperasi kita dalam memenuhi persyaratan pendirian koperasi.

“Syarat pembentukan koperasi menurut Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM RI Nomor : 104.1 Kep/M.Kukm X/2002 tentang Petunjuk Pembentukan, Pengesahan Akta Pendirian, dan Perubahan Anggaran dasar Koperasi,“ jelasnya.

Selain itu, koperasi terdiri dari dua bentuk yaitu, Koperasi Primer dan Koperasi Sekunder. Sedangkan jenis koperasi ada sebanyak empat jenis yaitu Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Konsumen, Koperasi Produser, dan Koperasi Jasa.

Dalam penjelasannya, Koperasi Primer dibentuk dan didirikan oleh sekurang-kurangnya 20 orang yang mempunyai kegiatan dan kepentingan yang sama.

"Untuk Koperasi Korpri Bangka Belitung berupa Koperasi Primer yang syarat pendiriannya 20 orang dan tidak menggabungkan dengan koperasi yang lain. "Rapat pembentukan akan ditindaklanjuti kembali, untuk menetapkan kepengurusan Koperasi Korpri Bangka Belitung. Kemudian akan sah seiring dengan menyambut bulan suci Ramadan 1441 H," ungkap Elfiyena. (BBR)

Dalam hasil rapat ini, terbentuk kepengurusan koperasi sementara Korpri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni:

-    Ketua :  Dr.Yan Megawandi, S.H.,M.Si.

-    Wakil Ketua : Drs. Yulizar ,M.Si.

-    Sekretaris : Ir. Elfiyena

-    Wakil Sekretaris : Yulita, S.E., M.Si

-    Bendahara : Misrah, S.E.

-    Ketua Pengawas : Darlan S.Pd., M.M.


Penulis : Hasan

Editor   : Kasmir

Sumber : Pemprov Babel