Kosmet Muntok Bukan Sekadar Mencari Keringat, Ternyata Ada Rahasia Lain

Ahada
Kosmet Muntok Bukan Sekadar Mencari Keringat, Ternyata Ada Rahasia Lain
Komunitas Sepeda Metalurgi (Kosmet) Muntok ini terbentuk tiga tahun silam. Selain kegiatan bersepeda rutin di seputaran Kota Muntok, Kosmet juga ikut dalam event-event yang diadakan di Kota Pangkalpinang dan Sungailiat.

BANGKA BARAT, BABEL REVIEW.CO.ID -- Komunitas Sepeda Metalurgi (Kosmet) Muntok, yang terbentuk tiga tahun silam terbilang cukup sering melakukan kegiatan.

Selain kegiatan bersepeda rutin di seputaran Kota Muntok, Kosmet juga ikut dalam event-event yang diadakan di Kota Pangkalpinang dan Sungailiat. Begitu juga lokasi-lokasi yang menjadi daerah tujuan pariwisata di Pulau Bangka telah mereka sambangi.

Tidak ketinggalan, setiap bulan suci Ramadhan Kosmet juga melakukan aksi sosial dengan membagikan takjil kepada masyarakat menjelang waktu berbuka puasa.

Ketua Kosmet, Suprianto, mengatakan bahwa komunitas ini terbentuk dari keinginan untuk saling bersilaturahmi sesama karyawan Unit Metalurgi Muntok.

Berawal dari empat orang karyawan sampai saat ini anggotanya telah berjumlah 36 orang.

“Awal mulanya anggota kami hanya empat orang yang hobi bersepeda, lalu lambat laun anggotanya bertambah menjadi 36 orang dan juga tidak terbatas pada karyawan Unmet Muntok saja,”ujar Suprianto.

Semangat anggota Kosmet bukan cuma berolahraga dan kesehatan belaka, dengan bersepeda terciptalah kondisi yang lebih cair dan penuh dengan keakraban sehingga secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kinerja pada perusahaan.

“Setiap hari kerja tentu suasananya berbeda. Kami terikat dengan aturan pekerjaan. Dengan bersepeda kami mendapatkan suasana yang berbeda, selain menikmati keindahan alam, kami dapat bersenda gurau dengan lepas dan silaturahmi lebih terjalin dengan baik,”ujarnya.

Kepala Unit Metalurgi Muntok, Wiyono, juga ikut mendukung kegiatan bersepeda ini. Dalam beberapa kali kesempatan ia juga ikut dalam kegiatan.

Pada hari Minggu (15/12), saat Kosmet bersama komunitas dari Timah Cycling Community (TCC) Pangkalpinang bersepeda mengunjungi obyek wisata yang ada di Kota Muntok, Ka Unmet tersebut juga mengikuti dari awal hingga finish.

Rute yang dilalui melintasi Hutan Kota Unmet Muntok, kaki Gunung Menumbing, Menara Mercusuar Tanjung kalian, Masjid Jami’, Kelenteng Kong Fuk Miau, dan Museum Timah Muntok serta finish di Guest House Unmet Muntok.

Kepala Unmet Muntok, Wiyono, seusai acara mengatakan bahwa kegiatan ini selain untuk sarana olahraga dan kesehatan juga mengenalkan potensi wisata yang ada di Kota Muntok. Muntok yang memiliki banyak potensi tentunya harus dipromosikan.

“Peserta tampak gembira dan menikmati perjalanan ini, lebih dari sekedar bersepeda. Kami juga ingin mengenalkan potensi wisata yang ada di Muntok, baik itu sejarah, alam dan budaya kepada masyarakat di luar kota Muntok,”jelasnya.

Wiyono menambahkan, bahwa dalam waktu dekat, Kosmet dan Unmet Muntok juga akan melakukan anjangsana ke salah satu mushola di Kecamatan Parit Tiga untuk melakukan bhakti sosial, diantaranya pengecatan dan perbaikan kecil lainnya.

Hal ini juga sejalan dengan semangat silaturahmi dan kepedulian PT. Timah dengan masyarakat. (BBR)

Penulis: Budi Susatio