KPU Bangka Musnahkan 20.288 Surat Suara

kasmirudin
KPU Bangka Musnahkan 20.288 Surat Suara
KPU Bangka memusnahkan 20.288 surat surat yang tidak terpakai, di halaman Gedung Diklat Sungailiat, Selasa (16/4/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka melakukan pemusnahan logistik Pemilu berupa surat suara lebih dan yang rusak di halaman Gedung Diklat Pemkab Bangka Jalan Pemuda Sungailiat, Selasa (16/04/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Bangka, ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, perwakilan dari Kejari Negeri Sungailiat dan kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Bangka.

“Kita hari ini memusnahkan surat suara sebanyak 20.288 lembar, terdiri dari surat suara yang lebih sebanyak 11.041 lembar dan surat suara yang rusak sebanyak 9.247 lembar," terang Ketua KPU Bangka, M. Hasan.

Hasan katakan, menjelang H -1 pihaknya harus sudah melakukan pemusnahan untuk kertas suara yang rusak ataupun kelebihan. Jenis surat suara yang rusak seperti, kertas yang objek tengah dan pinggir, tintanya meluber, tintanya mengenai nama caleg, partai dan nomor urut.

"Kesiapan kita sampai hari ini tinggal mendistribusikan logistik dari kelurahan ke setiap TPS masing-masing. Besok pagi sebelum pencoblosan semua logistik harus sudah sampai di setiap TPS," tukasnya.

Disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Bangka, dengan adanya pemadaman listrik yang terjadi kemarin malam menjadi hambatan bagi pihaknya saat melakukan pendistribusian logistik.

“Semalam saat kita melakukan pengangkatan logistik dari gudang ke atas mobil, terpaksa harus menggunakan lampu mobil yang lain untuk penerangan. Dan kita sudah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pihak PLN supaya dapat mengkondisikan listrik aman pada saat proses penghitungan suara berlangsung," jelasnya.

Hasan menuturkan, untuk mengantisipasi adanya pemadaman lampu, pihak KPU mengimbau kepada setiap TPS untuk menyiapkan genset.

"Terkait dengan pendistribusian logistik sampai saat ini kita belum mendapatkan kendala. Dan untuk pengamanan dari pihak Polri, TNI dan Satpol PP sampai hari ini masih dalam kondisi aman terkendali ," pungkasnya. (BBR)


Penulis  :  Ibnu               
Editor    :  Kasmir
Sumber  : Babel Review