KSAU Ikut Lomba Menembak di Belitung Timur

Kasmirudin
KSAU Ikut Lomba Menembak di Belitung Timur
Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersama Gubernur Erzaldi Rosman ikut berpartisipasi pada kejuaraan menembak Eksekutif Faling Plate di Pulau Belitung, Minggu (13/6/2021). (ist)

KELAPA KAMPIT, BABELREVIEW.CO.ID -- Hari kedua pelaksanaan "1st Indonesia Internasional Long Range Shooting Grand Prix 2021" seri kedua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo hadir di Pulau Belitung untuk berpartisipasi pada kejuaraan menembak Eksekutif Faling Plate, Minggu (13/6/2021).

Kehadiran Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Lapangan Tembak Air Weapon Range (AWR) Desa Buding Panjang, Kecamatan Kelapa Kampir, Kabupaten Belitung Timur ini juga turut didampingi oleh jajaran Staf TNI AU.

"Sekarang saya hadir di Pulau Belitung, suatu hari nanti saya akan ke Pulau Bangka," ungkap KSAU kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat menyambut kedatangannya.

Setibanya di Lapangan Tembak AWR Buding, KSAU langsung menuju lokasi lomba menembak yang diikutinya, yaitu Presisi Eksekutif dan Fun Game Faling Plate. Ajang kejuaraan menembak Presisi Eksekuti diikuti sebanyak 26 peserta terbagi tiga gelombang.

Gelombang pertama diikuti oleh KSAU, Gubernur Babel, Ketua Umum Perbakin, Dankoops AU dan Kapolda Babel.

Gubernur Erzaldi saat berbincang bersama KSAU di sela perlombaan juga memperkenalkan Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Bupati Belitung Timur, Burhanuddin. Diceritakan gubernur bahwa lokasi lapangan tembak AWR Buding terletak di antara dua kabupaten tersebut.

Menanggapi ini, KSAU menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi serta Bupati Belitung dan Belitung Timur. Karena sudah memperhatikan lapangan tembak AWR Buding ini, serta mengajak ketiga pimpinan daerah tersebut untuk turut berpartisipasi pada KSAU Cup mendatang.

"Dalam KSAU Cup pada Oktober mendatang, kami tunggu partisipasi Pak gubernur dan bapak-bapak bupati. Masih tiga bulan kedepan untuk melakukan persiapan," ajaknya.

Dalam lomba presisi eksekutif, juara pertama dengan perolehan nilai 194 diraih Kepala Staf Komando Operasi Angkatan Udara (Kaskoopsau) I, juara 2 dengan perolehan nilai 191 diraih oleh Asisten Logistik (Aslog) KSAU dan juara 3 dengan perolehan nilai 189 diraih oleh KSAU.

Sedang tropi juara lomba Fun Game Faling Plate diserahkan oleh Gubernur Erzaldi kepada:

  1. Juara 1 : Kaskoopsau I
  2. Juara 2 : KSAU
  3. Juara 3 : Dankodiklat AU

Tropi pemenang diserahkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin), Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

"Kami berencana akan mencoba berburu ke Pulau Lepar," ungkap Ketua Umum Perbakin yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI tersebut.

Gubernur Erzaldi usai pelaksanaan lomba mengatakan, tujuan utama kedatangan KSAU ke Pulau Belitung untuk melakukan latihan Jalak Sakti TNI AU 2021 yang termasuk dalam rangkaian kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Udara.

"Beruntung bertepatan dengan pelaksanaan turnamen ini, sehingga lebih meriah," ungkapnya.

Kedepan, dirinya berharap sport tourism seperti ini akan terus dilaksanakan karena Babel memiliki dukungan fasilitas berkelas internasional di beberapa cabang olahraga. (BBR)


 

Penulis : Dinas Kominfo Babel

Editor   : Kasmir