KSR PMI Pangkalpinang Gelar Diksar Bencana

kasmirudin
KSR PMI Pangkalpinang Gelar Diksar Bencana
PELATIHAN - Korp Sukarelawan (KSR) PMI Kota Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diksar) di Pantai Pan Semujur, Pangkalanbaru, Bangka Tengah. (Ist)

PANGKALANBARU, BABELREVIEW -- Korp Sukarelawan (KSR) PMI Kota Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diksar), bagi KSR Unit I Poltekes Pangkalpinang. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada 28-29 April di Pantai Pan Semujur, Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

 Sebanyak 55 peserta yang terdiri dari KSR Unit I Poltekes Pangkalpinang dan KSR PMI Kabupaten Bangka Tengah, KSR PMI UBB dan Palang Merah Remaja SMK N 3 Pangkalpinang.

 Rohil Qudus selaku Ketua Panitia mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan KSR dalam menajemen tanggap darurat bencana. Menumbuhkan dan menguatkan tali silaturrahmi antara KSR.  Selain itu untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh kedalam simulasi tanggap darurat bencana.

 Menurut Rohil, sebelumnya PMI Kota Pangkalpinang memang kerap melaksanakan agenda serupa, namun dengan peserta dan materi kepalangmerahan yang berbeda. Ke depan diharapkan seluruh KSR di Bangka Belitung menjadi semakin solid dan dapat mengaktualisasikan eksistensinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Peran KSR tidak hanya sebatas membantu Unit Donor Darah (UDD) melaksanakan MOU donor darah ataupun evakuasi korban bencana, tapi juga ikut andil dalam kegiatan sosial di masyarakat.

 "Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbagi, membantu sesama, juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dan cara yang saya pilih, menjadi relawan Palang Merah Indonesia," kata Rohil.(BBR)


Penulis :Pram
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview