Kuasa Hukum PT. BAA Katakan Permintaan Bupati tidak Sesuai Hasil Tim Independen dan di Luar Analisa Akademik

Ibnuwasisto
Kuasa Hukum PT. BAA Katakan Permintaan Bupati tidak Sesuai Hasil Tim Independen dan di Luar Analisa Akademik
Kuasa Hukum PT. Bangka Asindo Agri, Aripin Josua Sitorus. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Kuasa Hukum PT. Bangka Asindo Agri, Aripin Josua Sitorus mengatakan bahwa pihaknya sangat menghargai apa yang disampaikan dan upaya yang telah dilakukan oleh tim independen dalam menangani permasalahan bau pada saat paparan hasil kajian evaluasi kebauan penangan limbah PT. BAA di ruang OR Pemkab Bangka, Selasa (17/3/2020).

Dalam hal ini, seperti apa yang telah Bupati Bangka sampaikan bahwa pihak pemerintah daerah akan mengikuti apapun hasilnya yang dikeluarkan oleh tim independen.

"Tapi kita sangat menyayangkan diujung statement Bupati Bangka yang mengatakan untuk menghentikan sementara aktivitas pabrik. Perlu diketahui bersama jika sepanjang yang disampaikan oleh tim independen tadi tidak ada yang menyatakan satu pun agar perusahaan untuk tutup sementara. Jadi apa yang disampaikan oleh Bupati Bangka diakhir pertemuan tadi seperti bertentangan dengan apa yang disampaikan diawal pertemuan," tegasnya.

Pasalnya, bahwa tidak ada satu jaminan apapun jika perusahaan dihentikan sementara akan mengurangi bau yang selama ini dikeluhkan. Ia menegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh tim independen jika bakteri membutuhkan makanan.

"Kami menilai apa yang disampaikan oleh Bupati Bangka tidak berdasar pada kajian yang dilakukan oleh tim independen. Dan kita akan tetap mempertimbangkan apa yang disampaikan oleh Bupati, dan kami menilai pertimbangan itu menjadi sangat politis diluar dari kajian tim independen," ujarnya.

Ditegaskannya jika pihaknya akan mempertimbangkan saran Bupati mengingat kepentingan petani, masyarakat dan perusahaan. Menurutnya jika perusahaan dihentikan sementara, petani singkong yang sudah bermitra dengan perusahaan akan kebingungan menjual hasil panennya.

"Kita akan melakukan klarifikasi dengan Bupati terkait statement yang diakhir tadi, karena tidak ada permintaan dari tim independen agar perusahaan dihentikan sementara. Jadi permintaan Bupati itu diluar dari kajian tim independen dan diluar analisa akademik," tutup Aripin Josua Sitorus.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review