Kwarda Gerakan Pramuka Babel Lakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepengurusan Masa Bakti 2018-2023

diko subadya
Kwarda Gerakan Pramuka Babel Lakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepengurusan Masa Bakti 2018-2023
Pelantikan/pengukuhan serta penyematan tanda pengurus kwarda secara simbolis ini dilakukan langsung oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kep. Babel, Melati Erzaldi, Senin (11/5/2020) (Foto Diskominfo Babel)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Guna meningkatkan kinerja dalam upaya pencapaian rencana kerja, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Pergantian Antar Waktu (PAW) kepengurusan Kwarda Pramuka Kepulauan Babel masa bakti 2018-2023, pada Senin (11/5/20) secara online melalui aplikasi zoom.

Pelantikan/pengukuhan serta penyematan tanda pengurus kwarda secara simbolis ini dilakukan langsung oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kep. Babel, Melati Erzaldi.

Dalam sambutannya, Kakwarda Melati mengatakan bahwa pelantikan/pengukuhan ini merupakan salah satu langkah dalam penguatan masing-masing bidang tugas pada Kwarda Gerakan Pramuka Kep. Babel.

"Saya berharap, kakak-kakak dapat bekerja sama dengan baik untuk saling menguatkan bukan saling menjatuhkan, sesuai dengan komitmen tugas dan fungsi yang tertuang pada SK Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kep. Babel Nomor 042 Tahun 2020 tanggal 9 Mei 2020," ujarnya. 

Mencermati banyaknya tantangan Gerakan Pramuka Kep. Babel ke depan, perlu secara bersama merencanakan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai Kwarda Babel 'Pacak', dengan membuat program yang diarahkan kepada peningkatan kompetensi dalam hal kemandirian, seperti saat menghadapi Covid-19, Kwarda Gerakan Pramuka Babel akan ambil bagian dalam program ketahanan pangan. 

Pada kesempatan ini, dirinya juga memperkenalkan program unggulan yaitu Satuan Tugas Pramuka Peduli (Satgas Pramuka Peduli) Kwarda Kep. Babel, yang pada tahun 2019 telah menunjukkan eksistensinya dalam penyelamatan, pencarian, dan pencegahan terjadinya bencana. 

"Awal tahun 2020 ini Satgas Pramuka Peduli juga ambil bagian dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, serta melaksanakan berbagai program pencegahan penularan Covid-19, seperti peletakkan instalasi cuci tangan, pembagian masker, pembagian sembako bagi masyarakat terdampak, dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat," ujar Kakwarda Melati Erzaldi. 

Kakwarda Melati juga menginginkan inovasi dari kakak-kakak agar dapat mencapai target kinerja bidang pada masa darurat Covid-19, serta perlu segera menyiapkan program ketahanan pangan, sebagai persiapan menghadapi dampak Covid-19, karena menurutnya pada 2020 ini tak banyak program yang melibatkan pengumpulan massa. 

Selain itu, Kakwarda Melati juga berharap agar Koperasi Berkah Tunas Kelapa dapat bergerak tahun ini, untuk menyiapkan segala sumber daya termasuk kemandirian keuangan dan rencana pengelolaan kebun jagung di Bumi Perkemahan Depati Amir Bangka, serta membentuk tim untuk mempersiapkan pelaksanaan Perkemahan Antar Satuan Karya (PERANSAKA) Tingkat Nasional, yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2021. 

"Saya sangat yakin peran serta kakak-kakak akan dapat membantu percepatan tersebut, karena hampir di semua bidang telah dilakukan penguatan secara masif, mari kakak-kakak kerahkan semua sumber daya yang melekat untuk menggerakkan Kwarda Gerakan Pramuka Kep. Babel lebih cepat lagi," pungkasnya.(*/BBR)


Sumber Rilis Diskominfo Babel