KWT Desa Sarang Mandi Panen Demplot Jagung Manis dan Lele

andre
KWT Desa Sarang Mandi Panen Demplot Jagung Manis dan Lele
Foto : Ist

 SUNGAI SELAN, BABELREVIEW-- Kelompok Wanita Tani (KWT) wanita mandiri desa Sarang Mandi, Kecamatan Sungai Selan menggelar acara panen jagung manis dan lele di Demplot milik kelompok tersebut pada senin (30/12/2019).

 Pada acara panen tersebut, KWT wanita mandiri mengundang ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Hj.Iriani Meilita, perangkat kecamatan Sungai Selan, dan perangkat desa Sarang Mandi.

 Ketua KWT wanita mandiri desa Sarang Mandi, Jumiyati mengatakan, kelompok wanita mandiri desa Sarang Mandi berdiri pada tahun 2018. KWT wanita mandiri merupakan kegiatan Kawan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahap penumbuhan.

 " Kegiatan ini dimulai pada bulan April 2019. Kegiatan ini dibagi tiga bagian yaitu kegiatan pekarangan, kebun bibit desa dan kebun demplot," ungkapnya.

 Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan pangan yang seimbang. Kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh, Camat Sungai Selan Suhimin S.AP, KP dan Pemdes sarang mandi.

 Ketua TP PKK Bateng Iriani Meilita mengapresiasi atas terselenggaranya panen demplot jagung manis dan lele yang digelar oleh KWT wanita mandiri desa Sarang Mandi.

 " Alhamdulillah kegiatan KWT wanita mandiri desa Sarang Mandi berjalan lancar.Terbukti dengan kelompok yang sebelumnya sudah panen jagung manis, ubi jalar, jahe, kunyit, seledri, terong, dan tomat," tandasnya.

 Senada dengan Iriani, Camat Sungai Selan Suhimin S.AP, KP mengapresiasi panen demplot jagung manis dan lele oleh KWT wanita mandiri desa Sarang Mandi.

 " Peranan perempuan semakin maju dan berkembang.Perempuan khususnya ibu-ibu saat ini bukan hanya sekedar mengurusi rumah tangga, melainkan juga bisa berinovasi seperti yang dilakukan oleh KWT wanita mandiri ini," katanya.

 Menurutnya, hal ini lah yang mesti didukung penuh oleh pemerintah.Ibu-ibu juga bisa berperan dalam pembangunan dan kemajuan daerah.Misalnya apa yang telah dilakukan oleh KWT desa mandiri ini merupakan kemajuan daerah dibidang pemberdayaan pangan.

 " Kedepan saya berharap, akan ada lagi inovasi inovasi perempuan baik secara individu maupun kelompok yang ada di kecamatan Sungai Selan.Tentunya inovasi seperti ini sangat bermanfaat bagi daerah," pungkasnya.(BBR)


Penulis : Andrean

Editor : Andrean

Sumber : Babelreview