Lampu Jalan Digondol Maling, Pemkab Bangka Rugi Rp76 Juta

kasmirudin
Lampu Jalan Digondol Maling, Pemkab Bangka Rugi Rp76 Juta
Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Bangka, Saparudin. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Lampu penerangan jalan umum tenaga surya yang terpasang di sepanjang jalan Desa Rebo akhir tahun 2018, ternyata sudah banyak komponen yang hilang dicuri orang.

Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Bangka, Saparudin mengatakan, komponen penerangan lampu jalan yang hilang antara lain panel surya sebanyak 13 unit, aki 5 unit, tenaga kontrol 2 unit dan lampu 2 buah.

"Kita mengalami kerugian atas komponen yang hilang sekitar Rp 76 juta, itu belum termasuk biaya yang lainnya. Dari hari kemarin tim kami melakukan pengelasan tiang-tiang yang tersisa supaya tidak mudah dibuka," kata Saparudin, Rabu (7/8/2019).

Lebih lanjut Saparudin katakan, untuk 14 tiang yang roboh rencananya akan didirikan kembali. Tapi pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan kepala Dinas PUPR, apakah tiang tersebut dibiarkan di lokasi atau diambil untuk dikumpulkan disatu tempat.

"Kita sudah berkoordinasi dengan kepala lingkungan setempat untuk turut menjaga dan mengawasi. Dan kami juga berkoordinasi dengan Satpol PP untuk membantu melakukan patroli dan pengawasan," ungkapnya.

Ia menegaskan, bahwa pihaknya pada Selasa (6/8/2019) sudah membuat laporan atas kehilangan tersebut ke pihak Polres Bangka. Para pelaku akan dikenakan pasal 362 KUHP atau pasal 363 KUHP.

"Saya berharap dengan laporan tersebut, pihak kepolisian dapat segera menangkap pelakunya dan diberikan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku. Ini bukan permasalahan karena jumlah kerugiannya, tapi ini menyangkut dengan tindakan pengrusakan dan pencurian aset negara dalam rangka untuk penerangan masyarakat di jalan," tukasnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review