Langgar UU, Mobil Kesbangpol Pangkal Pinang, Nangkring di Atas Trotoar

kasmirudin
Langgar UU, Mobil Kesbangpol Pangkal Pinang, Nangkring di Atas Trotoar
Kendaraan operasional Dinas Kesbangpol Kota Pangkal Pinang yang dinilai melanggar UU Nomor 22 Tahun 2019, yang parkir diatas trotoar. (Foto: Faisal)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan tegas memberitahukan kalau fungsi trotoar jelas diperuntukkan bagi para pejalan kaki.

Dalam Pasal 131 juga dijelaskan tentang hak pejalan kaki di jalan raya, yakni pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain.

Namun pada kenyataannya, masih saja banyak ditemui kandaraan yang parkir sembarangan di trotoar. Seperti yang terjadi di Jalan Ahmad Yani Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Kali ini pelaku parkir sembarangan bukan dari masyarakat umum, melainkan mobil operasional pemerintah daerah. Mobil plat merah dengan nomor polisi BN 8520 PZ bertuliskan Kesbangpol Kota Pangkal Pinang ini, terparkir di atas trotoar Jalan Ahmad Yani pada Sabtu malam.

Dinas yang seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat terkait penerapan peraturan yang baik dan benar, justru mengajarkan prilaku yang tidak baik kepada masyarakat.

Kepala Kesbangpol Kota Pangkal Pinang saat dikonfirmasi oleh Babel Review, Anggo Rudi, mengakui apa yang telah dilakukan anak buahnya adalah kesalahan dan akan segera menegurnya.

"Terima kasih laporannya, saya akan segera melakukan peneguran untuk tidak mengulangi hal tersebut lagi," katanya singkat. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review