Lima UMKM Desa Banyuasin Dapat Perhatian Mahasiswa KKN UBB

Ahada
Lima UMKM Desa Banyuasin Dapat Perhatian Mahasiswa KKN UBB
Mahasiswa UBB yang KKN di Desa Banyuasin Kabupaten Bangka langsung melakukan kunjungan lapangan kepada pelaku UMKM, Selasa (21/7/2020). (IST)

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Sehari setelah melaksanakan sosialisasi digital marketing, sebanyak 15 Mahasiswa UBB yang KKN di Desa Banyuasin Kabupaten Bangka langsung melakukan kunjungan lapangan, Selasa (21/7/2020).

Dalam satu hari ada lima UMKM dikunjungi para mahasiswa KKN ini, diantaranya UMKM yang memproduksi Aruk, Keripik, Gula Kabung dan  Kemplang.

Berbagai produk yang dihasilkan UMKM Desa Banyuasin ini harus mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, terlebih saat ini Desa Banyuasin sebagai salah satu desa yang mempersiapkan diri sebagai desa wisata di Bangka Belitung.

Kehadiran produk-produk lokal tersebut diharapkan mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk melakukan kunjungan ke Desa Banyuasin.

Namun, berbagai faktor harus diperhatikan dalam mendukung program desa wisata tersebut, terutama produk UMKM yang memiliki standar mutu, kualitas, dan menarik dari sisi pengemasan.

Kunjungan lapangan mahasiswa KKN dilakukan untuk membantu pelaku UMKM yang mengalami kendala  agar mampu bersaing dan berdikari.

Koordinator kegiatan Immel Leora  mengungkapkan ada beberapa kekurangan dalam hal pemasaran produk UMKM di Desa Banyuasin.

"Misalnya ketersediaan bahan baku, belum memiliki label dan sertifikasi halal, keterbatasan modal, dan beberapa hal lainnya," ujar Immel.

Senada dengan yang di sampaikan Immel, Putria Sari dan Nora yang juga ikut turun ke lapangan juga menyampaikan berbagai kendala yang dialami  UMKM di Desa Banyuasin.

Kendala  tersebut diantaranya adalah keterbatasan wilayah pemasaran dan kurangnya promosi dalam pemasaran produk.

Terkait dengan hal tersebut dibutuhkan aksi nyata untuk membantu pelaku UMKM di Desa Banyuasin.

"Oleh karena itu, dengan melakukan kunjungan lapangan, kehadiran Mahasiswa KKN diharapkan mampu memberikan informasi dan pendampingan terkait permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Banyuasin ini," tukas Putria. (BBR)
Sumber: Ipan Guspian, KKN UBB