Lonjakan Kasus Covid-19 DI Bateng, Wabup: Sudah Menjadi Perhatian Kita Bersama

Kasmirudin
Lonjakan Kasus Covid-19 DI Bateng, Wabup: Sudah Menjadi Perhatian Kita Bersama
Wakil Bupati Bangka Tengah saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah diadakan di ruang rapat VIP, Rabu (14/7/2021).(ist)

KOBA, BABEL REVIEW.CO.ID -- Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah diadakan di ruang rapat VIP, Rabu (14/7/2021).

Rapat ini ini menanggapi terjadinya lonjakan penambahan kasus Covid-19 secara regional yang terjadi saat ini, tak terkecuali di Bangka Tengah juga turut memprihatinkan. Untuk itu, Satuan Gugus Tugas Covid-19 Bangka Tengah duduk bersama hari ini, guna mengambil rumusan langkah-langkah penanganan lonjakan angka kejadian Covid-19.

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, ST yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, dengan kondisi yang sekarang ini sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama. Seperti diketahui Bangka Tengah mengalami lonjakan kenaikan angka Covid-19 yang cukup signifikan.

"Ini tentu menjadi perhatian pemerintah daerah, untuk itu kami mengundang beberapa lini terkait hari ini menindaklanjuti penanganan Covid-19. Sehingga dapat meminimalisir kenaikan lonjakan penambahan kasus,” ujar Erfian.

Lanjutnya, Pemkab Bateng sudah melakukan beberapa upaya dalam penanganan angka covid-19 yakni mulai dari mensosialisasikan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat. Dan untuk antusias masyarakat cukup baik. Namun, memang ketersediaan vaksin yang terbatas. Belum lama ini dirinya bersama pihak RSUD dan Dinkes Bateng sudah berkoordinasi kepada Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, salah satunya terkait penambahan jumlah vaksin.

“Selain itu, karena tingginya angka kenaikan covid-19 dengan ketersediaan rujukan pelayanan dan jumlah tenaga kesehatan yang terbatas menjadi permasalahan dalam menampung mereka yang Suspect Covid-19. Untuk itu, Pemda Bateng mengimbau tingkat kecamatan untuk dapat mengaktifkan kembali rumah karantina yang ada di desa. Ini diharapkan dapat memudahkan tenaga kesehatan menjadi fokus dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal,” terang Erfian.

Lanjutnya, pendisiplinan penerapan protokol kesehatan dengan 5 M dipandang perlu dilakukan guna memberikan efek jera kepada masyarakat. Untuk itu, Pemkab Bangka Tengah mengapresiasi upaya yang dilakukan Polres maupun Kodim selama dalam pengamanan pendisiplinan kepada masyarakat untuk mematuhi prokes.

"Mari kita bersama-sama jangan bosan-bosannya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait penerapan prokes ini, sesuai dengan fungsi lini kita masing-masing. Saling membahu dalam penanganan Covid-19 di Bangka Tengah. Apalagi sebentar lagi perayaan Hari Raya Idul Adha dan pemilihan kepala desa serentak, agar tidak terjadi kerumunan massa tanpa mengindahkan prokes yang ada,” ajaknya.

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Bateng, Danramil Koba, Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kabag Kesra Bateng, Plt Kepala Dinkes Bateng, Kepala BPBD Bateng, Kepala RSUD Bateng, Kepala Puskesmas Koba, dan Perwakilan Apdesi Bateng. (BBR/ADV)


Penulis : Diskominfo Bateng

Editor   : Kasmir