Mahasiswa IAIN SAS Babel KKN di Simba, Siapkan Program Agama, Ekonomi dan Sosial

Ahada
Mahasiswa IAIN SAS Babel KKN di Simba, Siapkan Program Agama, Ekonomi dan Sosial
Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel mengunjungi SMPN 1  Simpang Rimba, Sabtu (7/3/2020). Sebelum melakukan pertemuan dengan Kepala Sekolah, mahasiswa bersama para pelajar, dewan guru, staf tata usaha melaksanakan Senam Bedincak. (Foto: dok kulul)

SIMPANGRIMBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Kehadiran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan arti tersendiri  bagi masyarakat dijadikan wilayah tujuan KKN.

Kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat dan  bentuk bersosialisasi diri dan berinteraksi para mahasiswa ini dengan masyarakat.

Selaian itu KKN juga  sebagai salah satu implementasi dari konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Karena itu, kehadiran mahasiswa ini disambut antusias ratusan siswa SMPN 1  Simpang Rimba.

Tidak saja para pelajar yang bahagiah, melainkan juga dewan guru, staf tata usaha menyambut gembira kedatangan Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel yang berkunjung ke SMPN 1 Simpang Rimba, Sabtu (7/3/2020).

Sejak pagi ratusan siswa, guru dan staf SMPN 1 Simpang Rimba sudah berkumpul di halaman sekolah guna menyambut Mahasiswa KKN yang dimpimpin Denny Fedriansyah ini. Dijadwalkan KKN ini aka memakan waktu 45 hari.

Saat berbincang-bincang, Denny mengatakn bahwa KKN ini dilaksanakan di beberapa desa di Kecamatan Simpang Rimba.

"Kami terdiri dari 18 orang, 5 laki-laki dan  13 perempuan.Untuk KKN di Kecamatan Simpang Rimba ini ada 3 kelompok, yaitu di Bangka Kota, Simpang Rimba dan Jelutung II. Kami akan melaksanakan KKN mulai 2 Maret sampai 20 April 2020", ungkap Deni.

Saat berkunjung ke SMPN 1  Simpang Rimba, para mahasisawa tersebut berbaur bersama siswa dan dewan guru serta tenaga kependidikan.

Bahkan mereka melakukan Senam Bedincak bersama di lapangan upacara sekolah.

Usai menggelar Senam  Bedincak bersama siswa, guru dan stap tenaga usaha, rombongan mahasiswa yang terdiri dari 18 orang  melakukan pertemuan di Ruang Kepala Sekolah.

Kepala SMP Negeri 1 Simpang Rimba, Syamsiar SAg menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN IAIN SAS Babel. Kepsek juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut.

"Kami menyambut baik kehadiran adik-adik KKN IAIN SAS Babel di sekolah kami dan bila memang ada waktu dan memungkinkan, silahkan apa yg bisa kita bantu dan adik-adik akan lalukan di sekolah ini, misalnya untuk memotivasi, serta pencerahan agar program KKN bisa di terapkan di sini, terutama tentang kemajuan pendidikan," tukas Syamsiar saat memberi kata sambutan dalam pertemuan itu.

Ketika ditanya  Program Kegiatan KKN yang akan dilaksanakan khususnya di Desa Simpang Rimba, Denny mengatakan bahwa program yang akan mereka laksanakan yaitu kegiatan keagamaan, sosial serta pengembangan terhadap desa.

"Khususnya bidang agama seperti kegiatan penyelenggaraan jenazah, kegiatan perlombaan  di bidang keagamaan bagi anak-anak dan dibidang pendidikan yang lainnya yaitu program bimbingan belajar bagi anak-anak SD dengan harap mampu memberi terobosan baru dan memberi kemajuan dan hal positif khususnya di Kecamatan Simpang Rimba," imbuh Denny. (BBR)

Laporan: CJ Kulul Sari