Mahasiswa KKN Kelurahan Air Jukung Ajak Masyarakat Budidaya Udang Vaname

Ahada
Mahasiswa KKN Kelurahan Air Jukung Ajak Masyarakat Budidaya Udang Vaname
Mahasiswa KKN UBB) Kelurahan Air Jukung melaksanakan Kegiatan penyuluhan dengan tema “pengembangan budidaya udang vaname skala tradisional”,  di Sungai Bunting Lestari Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Selasa, (4/8/2020). (Ist)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID --- Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung (UBB) Kelurahan Air Jukung melaksanakan Kegiatan penyuluhan dengan tema “pengembangan budidaya udang vaname skala tradisional” dilaksanakan di Sungai Bunting Lestari Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Selasa, (4/8/2020).

Bersama dengan Dosen Akuakultur UBB, kegiatan ini dihadiri  kelompok nelayan Kecamatan Belinyu dan masyarakat sekitar Kelurahan Air Jukung.

Kegiatan ini bertujuan mengajak masyrakat khususnya kelompok nelayan untuk ikut andil dalam pengembangan budidaya udang vaname skala tradisional.

Pengembangan budidaya udang vaname berskala tradisional ini berpotensi meningkatkan tren positif terhadap perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pesisir kecamatan Belinyu.

Hal ini dikarenakan hasil dari panen udang tersebut dapat di ekspor ke daerah yang membutuhkan, sesuai dengan target Kementrian kelautan dan perikanan pada tahun 2024 untuk mengekspor udang sebanyak 250%.

Kegiatan ini pun disambut dengan antusias oleh masyarakat terutama dalam memahami setiap materi yang disampaikan Dr Endang Bidayani SPi M.Si selaku pemateri.

“Budidaya udang vaname tidak hanya dapat dilakukan oleh kalangan masyarakat kelas atas ataupun menengah, budidaya ini bisa dilakukan oleh siapa pun termasuk masyarakat biasa” ujar Endang.

Selain Dr Endang, pemateri lainnya, Ahmad fahrul syarif, S.Pi.,M.Si selaku pemateri kedua menekankan bahwa keuntungan yang akan didapatkan dari budidaya udang vaname ini akan mendorong perekonomian yang lebih baik lagi.

“Harga jual udang vaname ini berkisar 70-80rbu/kilogramnya dengan cost yang rendah dan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal," ungkapnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan oleh PT. Timah yang akan mendanai tambak udang vaname tersebut.

“Kami siap dan bersedia membantu mendanai dengan dana csr untuk masyarakat yang ingin mengembangkan dan membudidayakan udang vaname ini, kami juga akan memilah siapa yang benar benar ingin membudidaya udang vaname” imbuh Rozzi CSR dari PT. Timah

Selain itu, Perwakilan Dinas Perikanan kab. Bangka, Tri menyampaikan pihaknya siap mendampingi serta menyelenggarakan penyuluhan lanjutan untuk kelompok nelayan yang ingin membudidayakan udang vaname.

" Dengan diselenggarakan penyuluhan ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengembangkan budidaya udang vaname sehingga akan mendorong perekonomian yang lebih baik lagi untuk masyarakat Kec. Belinyu,"pungkasnya.(*/BBR)
Sumber: Mahasiswa KKN UBB Desa Kelurahan Jukung