Mahasiswa KKN PPM Ristek UBB Desa Karya Makmur Gelar Workshop Pembuatan Handsanitizer

Ahada
Mahasiswa KKN PPM Ristek UBB Desa Karya Makmur Gelar Workshop Pembuatan Handsanitizer
Mahasiswa KKN PPM Ristek Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Karya Makmur melaksanakan workshop, Minggu (16/8/2020). (IST)

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID --Mahasiswa KKN PPM Ristek Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Karya Makmur melaksanakan workshop sekaligus pelatihan pembuatan produk kompos organik dari limbah lasar (Kolipa), Pupuk organik cair dari limbah kulit nanas (Parasku), Handsanitizer dan Hidroponik kepada Masyarakat, Minggu (16/8/2020).

Digelar di Balai Desa Karya Makmur, Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pengabdian terakhir mahasiswa KKN PPM Ristek UUB di Desa Karya Makmur sebelum penutupan KKN pada tanggal 19 Agustus mendatang.

Dibuka oleh Dosen Pembimbing Lapangan 2 KKN Ristek UBB Desa Karya Makmur, Dini Wulansari, M.A. kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang produk-produk apa saja yang bisa dihasilkan melalui barang sisa atau sampah oleh mahasiswa UBB selama kegiatan KKN berlangsung.

"Kegiatan ini merupakan program terakhir mahasiswa KKN Desa Karya Makmur, saya berharap masyarakat dapat mengambil dan menerapkan ilmu yang akan diberikan oleh pemateri workshop nantinya,"ujar Dosen.

Kepala Desa Karya Makmur, Yusni Tamrin sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini karena bisa mendorong masyarakat berwirausaha melalui produk yang dihadirkan oleh mahasiswa KKN.

"Kegiatan ini sangat kita apresiasi, karna disamping bisa menambah wawasan mengenai produk yang akan ditampilkan, outputnya juga kita bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis di tengah pandemi covid-19 saat ini, apalagi prosesnya yang mudah dan bisa dikembangkan di rumah sendiri,"ucapnya.

Dalam rangkaian kegiatan diawali dengan pelatihan pembuatan handsainitaizer dan edukasi pentingnya penggunaan pembersih tangan di masa pandemi, kemudian dilanjutkan dengan materi cara berhidroponik dan pembuatan kompos, selain itu mahasiswa juga memberikan analisis usaha untuk pembuatan usaha hidroponik dan kompos.

Sebanyak 30 mahasiswa KKN mengharapkan dengan adanya program pelatihan terakhir ini, segala kegiatan yang telah dibentuk dapat terus dilanjutkan oleh para warga dan kelompok yang ada di Desa Karya Makmur.

Pemateri Workshop sendiri diisi oleh mahasiswa KKN PPM Ristek UBB 2020 dengan workshop handsanitizer diisi oleh Firstin Rizki Annisa Hasibuan dan Desy Safitri dan Workshop hidroponik dan Kompos diisi oleh Canti Yohan Samosir, Parlindungan Siregar dan Ferdi Ferdiansyah.

Diakhir acara, mahasiswa KKN PPM Ristek UBB Desa Karya makmur membagikan produk handsainitaizer, kompos, POC dan peralatan pembuatan hidroponik kepada masyarakat yang telah hadir. (BBR)