Mahasiswa KKN Tematik UBB Romodong Indah Ciptakan Hand Sanitizer Lidah Buaya

Ahada
Mahasiswa KKN Tematik UBB Romodong Indah Ciptakan Hand Sanitizer Lidah Buaya
Tim Mahasiswa KKN UBB Romodong Indah melakukan pembuatan hand sanitizer berbahan Lidah Buaya, di Laboratorium Perikanan Universitas Bangka Belitung, Senin (27/7/2020). (Ist)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID --  Melihat kondisi persebaran Covid 19 yang masih mengancam kesehatan masyarakat,  menjadi inspirasi bagi Mahasiswa KKN Romodong Indah untuk menciptakan alat atau barang, yang berfungsi meminimalisir dan menahan penyebaran covid-19.

Salah satu cara yang dilakukan mahasiswa KKN UBB adalah membuat hand sanitizer sebagai suatu penghalang bagi seseorang agar tidak langsung terjangkit virus corona.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata mahasiswa untuk langsung turun ke masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pembuatan hand sanitizer ini dilakukan di Laboratorium Perikanan Universitas Bangka Belitung, Senin (27/7/2020).

Bahan membuat hand sanitizer ini berasal dari tanaman Lidah Buaya.

Rencananya hand sanitizer ini akan dibagikan kepada masyarakat di Romodong.

Selain itu mahasiswa juga akan mengedukasi masyarakat tentang proses pembuatan dan pentingnya penggunaan hand sanitizer di masa pandemi ini.

Pemakaian hand sanitizer secara rutin serta pola hidup bersih dan sehat  terus digalakkan oleh Mahasiswa KKN UBB Romodong Indah Kepada masyarakat di lokasi KKN.

Hand sanitizer menjadi barang yang sangat dibutuhkan di tengah mewabahanya virus corona.

Pasalnya barang ini dianggap paling ampuh dalam meminimalisir penularan virus tersebut.

Bahkan penggunaan hand sanitizer juga menjadi wujud imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan, selain harus rajin mencuci tangan setiap harinya.

Wabah Virus Covid-19 hingga saat ini belum bisa teratasi dengan menyeluruh hampir  di berbagai negara, termasuk di Indonesia yang sampai sekarang keberadaan corona virus masih berkembang.

Walaupun angka terdampaknya sudah kian menurun, tetapi menerapkan PHBS, salah satunya dengan pemakaian hand sanitizer secara berkala terus dilaksanakan, karena kita harus bisa hidup berdampingan dengan keberadaan virus corona.

Kita harus tetap mematuhi protocol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari- hari.

Dari adanya kegiatan ini, harapan Mahasiswa KKN Romodong Indah bisa mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi angka peningkatan persebaran covid 19.

Dengan adanya edisi KKN ini mahasiswa KKN Romodong Indah ingin menjadi front liner (garda terdepan) untuk terus melakukan aksi nyata demi menekan laju pertunbuhan covid 19 agar cepat menurun serta stabil.

Koordinator Pembuatan Hand Sanitizer, Salmia Septiani mengatakan dalam upaya pencegahan, penyebaran dan penularan covid 19 di masyarakat,  pihaknya berinisiatif melakukan peracikan hand sanitizer dengan bahan alami seperti lidah buaya sebagai bahan dasarnya, alcohol 90% sebagai bahan utamanya.

"Kegiatan pembuatan hand sanitizer ini kedepan akan kita upayakan produksi massal. Kita juga akan libatkan masyarakat desa agar nantinya dapat mandiri dalam pembuatan hand sanitizer sendiri. Selain itu, hand sanitizer yang telah dibuat ini akan kita serahkan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang di warung sekitar Pantai Penyusuk yang banyak beraktivitas dengan wisatawan," tukas Salmia.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua KKN Tematik UBB Romodong Indah 2020 Jodi Rohman.

"Hand Sanitizer berbahan dasar Aloevera tersebut dinilai lebih unggul daripada sabun cuci tangan biasa, karena dapat digunakan tanpa dibilas.Tak hanya itu, produk ini juga memiliki aroma lebih segar. Semoga produk ini bisa digunakan warga Desa Romodong Indah apabila telah kami bagikan untuk menjaga diri dari wabah yang sedang kita hadapi saat ini. Kami juga berharap warga  dapat meracik sendiri hand sanitizer, apabila produk yang dibagikan mahasiswa ini telah habis," ujar Jodi. (BBR)
Sumber: KKN UBB Romodong Indah