Mahasiswa KKN UBB Desa Air Ruai Bersama Puskesmas Pemali Sukses Gelar Proker Edukasi Pemilahan Sampah

diko subadya
Mahasiswa KKN UBB Desa Air Ruai Bersama Puskesmas Pemali Sukses Gelar Proker Edukasi Pemilahan Sampah
Kegiatan Edukasi serta Wawancara terkait Pemilahan Sampah kepada masyarakat, Kamis (23/7) (Foto Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa KKN UBB XV Desa Air Ruai sukses melaksanakan salah satu Program Kerja (Proker) nya yakni edukasi pemilahan sampah di Pasar Higienis Desa Air Ruai, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, pada Kamis (23/07/2020), Siang.

Kegiatan KKN ini berkerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Pemali sebagai narasumber yang didampingi oleh empat Mahasiswa perwakilan dari TIM KKN UBB yakni Abi agung pandawa, Wahyudi, Dosi Handika dan Gea Ratri Ningsih dimana mereka terjun langsung kemasyarakat untuk mewawancarai pengunjung dan pedagang pasar higienis di desa Air Ruai.

Penanggung jawab kegiatan Asri Wulandarim mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat sekaligus melihat seberapa pengetahuan masyarakat khususnya pedagang yang ada di pasar mengenai sampah, pemilahan sampah, perbedaan dari sampah organik dan anorganik dan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. 

" dengan adanya kegiatan ini kita berharap agar masyarakat semakin sadar dan tau apa itu pemilahan sampah sekaligus pentingnya kesadaran dalam memilah sampah karena akan sangat berdampak negatif untuk lingkungan, kesehatan, sosial dan ekonomi jika tidak diperhatikan dengan baik," katanya.

Pada kegiatan tersebut, Sejumlah mahasiswa KKN mewawancarai beberapa pembeli dan pedagang di pasar mengenai apa itu pemilahan sampah, perbedaan sampah organik dan anorganik dan pertanyaan lainnya.

Ternyata diungkapkan Asri, ada beberapa masyarakat yang masih belum mengetahui mengenai hal tersebut, lalu mahasiswa KKN UBB langsung menjelaskan dan mengedukasi masyarakat mengenai sampah tersebut.

" dalam menjalankan program kerja ini, kami tidak hanya fokus dilapangan saja, namun dalam proses wawancara juga kami dokumentasikan melalui vidio nantinya video trsebut akan dibagikan disosial media agar video tersebut bisa menjadi bahan edukasi bagi masyarakat," ungkapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut salah satu narasumber dari petugas kesehatan lingkungan, Puskesmas Kecamatan Pemali, Berliana yang memberikan edukasi terkait dengan pemilahan sampah ini. (*/BBR)


Sumber Rilis Mahasiswa KKN Desa Air Ruai