Mahasiswa KKN UBB Gelar Acara Sosialisasi Pemanfaatan Sampah

Ahada
Mahasiswa KKN UBB Gelar Acara Sosialisasi Pemanfaatan Sampah
Mahasiswa Universitas Bangka Belitung dalam kegiatan KKN Angkatan XV menggelarkan acara sosialisasi pemanfaatan sampah di Desa Kimak, Senin (27/7/2020). (Foto: Istimewa)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID --  Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XV menggelarkan acara sosialisasi  pemanfaatan sampah, dengan tema “Peningkatan Nilai Guna Sampah Sebagai Sarana Penunjang Ekonomi Masyarakat Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, di era new norma,  Senin (27/7/2020).

Acara sosialisasi pemanfaatan sampah tersebut dihadiri oleh 25 peserta undangan, yang terdiri dari kepala desa sebagai pembuka acara, sekretaris desa, kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan, kadus 001, kadus 002, kadus 003 dan kadus 004.

Selain itu hadir juga Ketua RT 001, ketua RT 002, ketua RT 003, ketua RT 004, ketua RT 005, ketua RT 006, ketua RT 007, ketua RT 008, ketua RT 009, ketua RT 010, ketua BPD, wakil ketua BPD, ketua Karang Taruna, wakil ketua Karang Taruna, keala BUMDes, sekretaris BUMDes, dan ketua LPM.

Acara ini di narasumberi oleh Janovan Tiranda, founder jualsampah.id.

Perserta yang menghadiri acara tersebut duduk di kursi yang sudah disediakan oleh panitia yang tetap menjaga jarak. Mereka sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.

Terlihat dengan sesi diskusi yang dipersilahkan oleh narasumber Janovan Tiranda, mereka bergiliran untuk memberikan pertanyaan.

“Desa Kimak luar biasa. Saya sangat suka dengan masyarakatnya, mereka sangat antusisas sekali. Mereka mau belajar dan mau mendengarkan. Harapan dari output sosialisasi ini adanya tim yang mau bekerja sama dalam pengolahan sampah tersebut,” ujar Janovan Tiranda.

Andri Saputra, Sekretaris Desa Kimak mengungkapkan dengan adanya acara ini semoga masyarakat Desa Kimak bisa memanfaatkan pengolahan sampah, pembuangan sampah, dan tentang kebersihan.

Khususnya pemerintah desa bisa menerbitkan laporan ataupun regulasi yang dapat meningkatkan perekonomian Desa Kimak.

Perangkat desa juga sangat mendukung dengan adanya pemanfaatan sampah yang dapat bernilai ekonomi tersebut.

“Terima kasih untuk narasumber yang sudah memberi pengetahuan, informasi, serta menjadi pemulai dalam menggerakan masyarakat desa terhadap permasalahan yang ada di desa kami. Sampah akan menjadi nilai jual dan nilai ekonomi bagi masyarakat Desa Kimak,” ujar Andri Saputra.

Mahasiswa KKN UBB Desa Kimak berharap, adanya acara ini bisa dapat dimanfaatkan dengan baik dan direalisasikan dengan sungguh-sungguh tentang pengolahan sampah yang dapat bernilai ekonomi. (BBR)


Sumber: Siti Sarinah (Mahasiswa KKN UBB)