Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu Kembangkan Taman Tanaman Obat Keluarga

Ahada
Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu Kembangkan Taman Tanaman Obat Keluarga
Mahasiswa KKN UBB ke-XV di Kelurahan Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka mengembangkan Taman Toga. (Ist)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang melaksanankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-XV di Kelurahan Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembangkan program kerja yakni  Taman Tanaman Obat Keluarga(TOGA).

Taman tersebut dibuat dengan memanfaatkan halaman salah satu suatu warga di Gang Cut Nyak Dien tepat dipertengahan antara RT 003 dan RT 002, kelurahan Belinyu.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bngka Belitung (ubb) ke-XV ini mengusung tema “Kerja, Sinergi, dan Harmoni dalam masa pandemi”.

Tanaman Obat inin' merupakan tanaman yang memiliki khasiat dalam bidang kesehatan. Adapun tanaman yang ditanam yakni tanaman jahe, lidah buaya, sereh, daun sirih, daun mint, dan lain-lainnya.

Ketua KKN kelurahan Belinyu Muhammad Riddho mengatakan Taman Tanaman obat ini diberi nama “Taman TOGA Edukasi” pemberi nama ini dikarenakan Taman TOGA ini berada tepat di sebelah Pondok Baca yang di buat oleh warga setempat dan sebagai pencapaian masyarakat setempat dalam mengembangkan Pondok Baca.

" Pembuatan taman tanaman obat ini di diketahui oleh Bapak Kelurahan Belinyu, Ketua RT dan sebagian masyarakat RT 002 dan RT 003. Alhamdulilah Rencana pembuatan taman tanaman obat ini disambut dengan baik dan sangat di dukung oleh masyarakat sekitar.," katanya, Rabu (29/7).

Lanjut, Riddho mereka (Mahasiswa-Red) berharap Kegiatan KKN dalam pembuatan Taman tanaman obat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Belinyu, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

" selain itu ini juga sebagai edukasi bagi masyarakat untuk mengetahui khasiat dan jenis tanaman obat yang berguna untuk kesehatan agar dapat mencegah ataupun mengobati berbagai penyakit," ungkapnya.

Tim KKN ini memiliki anggota yang  terdiri dari 15 mahasiswa dari berberapa fakultas dan jurusan yang berbeda, yang terdiri dari 3 laki-laki dan 12 perempuan. KKN kelurahan Belinyu ini diketua oleh Muhammad Riddho dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin dan didamping oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Eva Prasetiyono S.Pi., M.Si. (*/BBR)
Sumber: Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu