Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Bersama Panwascam Adakan Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Kasmirudin
Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Bersama Panwascam Adakan Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula
Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, Bangka dan Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan mengadakan kegiatan sosialisasi pemilih pemula Pilkada Tahun 2020 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lepar Pongok Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (27/10/2020). (Foto: Istimewa)

LEPARPONGOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Dua orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Sungailiat, Bangka dan empat orang Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan ( Panwascam), mengadakan kegiatan sosialisasi pemilih pemula Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lepar Pongok Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan sosialisasi tersebut dipaparkan oleh Eka Hajar Subangka, Ketua Panwascam Lepar Pongok dan Andi Rika Pardaliana, mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat.

Andi Rika Pardaliana menyebutkan, bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan edukasi bagi para pemilih pemula. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai Corona Virus Diases atau Covid-19.

"Kegiatan ini jelas kami laksanakan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemilih pemula, terkait apa itu pemilih pemula, kapan dan proses pencoblosan,  pelanggaran dan sanksi serta apa itu money politik dan kampanye hitam," jelasnya.

Andi Rika Pardaliana melanjutkan, siswa SMA kelas 3 merupakan usia pemula dalam Pilkada yang sangat rentan terhadap kampanye hitam jika tidak pintar dalam menangkal hoax yang beredar di masyarakat dan media massa.

"Kami memberikan edukasi ini kepada seluruh siswa kelas 3 yang merupakan generasi Z atau milenial, karena mereka sangat rentan dengan informasi hoax yang beredar. Mari kita berdoa semoga pilkada tahun 2020 dapat berjalan lancar dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19," tukasnya. (BBR)


 

Penulis: Ibnu Wasisto

Editor  : Kasmir