Mahasiswa UBB KKN di Petaling Banjar, Ibrahim: Banyak Hal Yang Akan Didapat

Ahada
Mahasiswa UBB KKN di Petaling Banjar, Ibrahim: Banyak Hal Yang Akan Didapat
Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB), sejak Rabu (15/07/2020), melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Petaling Banjar Kecamatan Mendobarat.

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID--Dalam rangka mewujudkan tridarma perguruan tinggi, sejumlah mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB), sejak Rabu (15/07/2020), melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Petaling Banjar Kecamatan Mendobarat.

Kegiatan yang sedianya akan berlangsung selama satu bulan penuh tersebut akan diisi berbagai kegiatan dengan melibatkan masyarakat setempat.

Ketua Kelompok KKN Angkatan XV Tahun 2020 UBB di Desa Petaling Banjar, Defri Ristian Pratama, kepada BBR, Minggu (19/07/2020) mengatakan, pelaksanaan kegiatan KKN tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan KKN Angkatan XV ini beda dengan sebelumnya. Kita sedang berhadapan dengan pandemi Covid-19. Jadi setiap kegiatan yang kita lakukan  harus mengacu kepada protokol kesehatan," kata Defri.

Menurut Defri,  fokus kegiatan KKN dengan mengusung tema Berkreasi dari Rumah untuk Pencegahan dan Edukasi Covid-19 ini, lebih diarahkan kepada upaya pembinaan terhadap kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi kehidupan masyarakat.

"Disamping itu kita juga akan melaksanakan kegiatan sosial lainnya dengan melibatkan masyarakat," imbuh Defri.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Senam Sehat KKK Angkatan XV UBB Tahun 2020, Randi Syaftuda Dahlan mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 masyarakat Desa Petaling Banjar sudah rutin melakukan senam bersama di  kantor desa setempat.

"Namun selama pandemi ini masyarakat tidak melakukan senam bersama dan memilih untuk berolahraga di rumah saja, sehingga akhirnya kegiatan senam mingguan ini vakum atau terhenti," ungkap Randi, seraya menambahkan, ia dan teman-teman berinisiatif untuk mengajak kembali masyarakat melaksanakan Senam Sehat.

"Hidup sehat tidak hanya dengan memakan makanan yang bergizi saja. Tetapi harus diimbangi dengan olahraga. Aktivitas yang memiliki tujuan tertentu ini tidak hanya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani saja tetapi untuk kesehatan rohani juga," ujarnya.

Dikatakan Randi, pelaksanaan senam akan dilakukan setiap sore jumat di depan Kantor Desa Petaling Banjar.

"Jumat kemarin, 17 Juli 2020 menjadi hari pertama pelaksanaan program senam yang di ikuti mahasiswa KKN bersama masyarakat Desa Petaling Banjar," imbuhnya.

Dikatakan Randi hari pertama pelaksanaan kegiatan senam, warga terlihat antusias dan semangat. 

"Ibu-ibu bahkan anak-anak jugs turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Meskipun era new normal memang belum dapat dikatakan bahwa pandemi covid-19 berkurang, akan tetapi dengan menjalankan aktivitas yang mentaati protokol kesehatan tidak menjadi masalah jika senam sehat dilakukan bersama-sama," tuturnya.

Terpisah, Rektor UBB Dr Dr Ibrahim, SFil MSi, dihubungi wartawan media ini mengatakan,  Mahasiswa KKN UBB tahun  ini memang fokus pada edukasi dan promosi kehidupan dengan normal baru sebagai bentuk adaptasi dengan pandemi covid sekaligus sebagai bentuk pengabdian.

Media yang digunakan, kata Ibrahim, akan sangat variatif sesuai medannya. Di Petaling Banjar sendiri, lanjut Ibrahim, KKN kali ini difasilitasi oleh DPL Putra Pratama Saputra, yang selain seorang dosen muda UBB, juga putra daerah Petaling. 

"Harapan kami, penguasaan akan arena KKN yang lebih optimal akan mendorong penyesuaian yang lebih tepat. Fokus kegiatan adalah edukasi dalam bentuk penyuluhan dan promosi kesehatan dalam bentuk persuasi dan berbagai bentuk media yang mudah dan aksesibel bagi warga," ujar rektor termuda universitas negeri di Indonesia ini.

Selaku rektor, Ibrahim juga mendorong para tokoh di desa dapat mencari kegiatan yang rekreatif karena mahasiswa peserta KKN punya energi yang lebih fresh untuk diajak bersama mengedukasi warga. 

"Semoga KKN akan memampukan mahasiswa belajar banyak hal di masyarakat, sebaliknya diharapkan juga dapat berkontribusi pada kondisi covid saat ini," harap Ibrahim. (BBR)

Laporan: ichsan mokoginta dasin