Majelis Pertimbangan TP-TGR  Sidang 29 Orang, Ini Target Selanjutnya

Admin
Majelis Pertimbangan TP-TGR  Sidang 29 Orang, Ini Target Selanjutnya
foto:andre

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Setelah mengikuti studi tiru beberapa waktu lalu, Majelis pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan-Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) Basel menggelar sidang perdana.Menjadi agenda sidang perdana, disidangkannya 29 orang / kasus, yang terdiri dari TGR PNS Non Bendahara untuk Tahun 2017 sebanyak 25 orang dan Tahun 2010 sebanyak 4 orang, dengan nilai total kasus senilai Rp.261jt lebih.

" Kendati nilai tersebut hal ini telah selesai ditindaklanjuti berupa penyetoran ke Kas Daerah, termasuk 30jt lebih yang telah di setor 6 anggota DPRD sekitar Juni 2018, namun guna pemenuhan kelengkapan proses administrasi, maka sidang tetap harus dilaksanakan, " jelas Kepala Inspektorat Daerah, Pinondang Dominggus Marpaung.

 Menurutnya, pemilihan materi sidang didasari oleh rekomendasi BPK RI kepada Pemkab basel dalam LHP Tahun 2006-2018, yang kemudian dilaksanakan melalui Keputusan Rapat MP TPTGR setelah mempertimbangkan beberapa pendekatan, diantaranya keseragaman jenis kasus dan urgensinya.

 " LHP BPK RI atas Laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (LKPD)  Tahun 2005 s.d. 2017 menyisakan akumulasi sisa Rp.1M yang belum selesai ditindaklanjuti, dari total temuan Rp.9,1M atau dengan kata lain bahwa total yang telah ditindaklanjuti sebesar 89 persen per 1 September 2019," jelasnya.

 Sedangkan untuk LHP LKPD Tahun 2018, sambungnya, sisa temuan sebesar 143jt lebih yang belum disetor ke Kas Daerah telah disampaikan Pemda ke Kejari Basel untuk memperoleh bantuan Kejari guna pembinaan beberapa penyedia untuk percepatan penyelesaian tindaklanjutnya.

 " Pada rencana sidang berikutnya, Inspektorat selaku Wakil Ketua, akan mengajukan Penyedia Jasa Konsultansi (LHP BPK RI atas LKPD TA 2017) yang masih mempunyai kewajiban menyetor ke Kas Daerah Rp.273Jt lebih (227,5+45,9) untuk dihadirkan, yaitu PT. AI yang merupakan bagian dari total 1M lebih yang belum selesai ditindaklanjuti, " bebernya.

 Terakhir ia mengatakan, terima kasih disampaikan kepada seluruh OPD yang telah berpartisipasi dalam proses persiapan maupun pelaksanaan Sidang Majelis TPTGR ini dan terima kasih untuk seluruh awak media yang berkenan meliput. (andre/BBR)


Penulis  : Andre
Editor    : Ahada
Sumber : Babel Review