Manfaatkan Medsos, Mahasiswa KKN Unmuh Babel Bantu Pasarkan Produk UMKM

Irwan
Manfaatkan Medsos, Mahasiswa KKN Unmuh Babel Bantu Pasarkan Produk UMKM

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung di Kampung Air Asin, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk Kemplang Bakar melalui media sosial.

Ketua KKN UNMUH Kampung Air Asin, Wisnu Prayoga mengatakan, melalui promosi produk di media sosial ini dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan penghasilan di masa pandemi Covid-19.

Selain membantu memasarkan produk, para mahasiswa juga membantu Ibu Hera selaku pemilik Kemplang Bakar ini, untuk membuat logo pada produk, agar memiliki daya tarik para konsumen untuk membeli.

"Kami berinisiatif untuk membantu masyarakat yang memiliki UMKM, salah satunya yaitu kemplang bakar milik Ibu Hera melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan sebagainya. Semoga melalui kegiatan ini dapat membantu", ujar Wisnu saat dikonfirmasi. Senin, (22/2/2021).

Sementara itu, Hera mengaku bahwa usaha yang dijalaninya sudah berlangsung cukup lama. "Bahan mentahnya sendiri saya langsung impor dari Palembang," ujarnya.

Ia menceritakan, kemplang bakar tersebut terbuat dari bahan dasar ikan tawar, kemudian dibakar diatas bara api hingga mengembang.

"Kira-kira omset yang diraih pada masa pandemi berkisar antara Rp 1,5 juta hingga 2 juta perbulannya, terjadi penurunan yang pada awalnya penghasilan saya perbulan sebesar Rp 3 juta," imbuhnya.

Ia mengatakan, penghasilan pada masa pandemi ini terjadi penurunan yang sangat drastis. Produksi kemplang bakar lebih sedikit dari biasanya.

Ia yakin bahwa kemplang bakar miliknya akan terjual laris manis dengan adanya bantuan dari mahasiswa KKN Unmuh Babel. (*)