Manisnya Pemimpin Daerah Perempuan, Surabaya dan Tanjungpinang Sudah merasakan, Basel?

Irwan
Manisnya Pemimpin Daerah Perempuan, Surabaya dan Tanjungpinang Sudah merasakan, Basel?
Areng Permana, Direktur Eksekutif FIBB

Oleh: Areng Permana (Direktur Eksekutif Forum Intelektual Bangka Belitung)

 

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- “Jika Anda menginginkan sesuatu untuk dikatakan, mintalah kepada pria, jika Anda menginginkan sesuatu untuk dilakukan, mintalah kepada wanita,” sebuah kata-kata bijak yang masyhur oleh seorang Perdana Menteri Inggris Margareth Tatcher.

Menjabat dari tahun 1979-1990, wanita yang biasa di sebut “The Iron Lady” ini merobek kebiasaan aristokrat Inggris dalam The House of the lords maupun The House of Common (parlemen Inggris) yang biasanya memilih Perdana Menteri seorang Lelaki pada waktu itu.

Selama menjabat sebagai perdana menteri beliau adalah orang tegas sekaligus memiliki sifat mengayomi yang khas melekat kepada wanita saja, yaitu sifat keibuan. Membuat baik lawan maupun kawan segan dan tunduk kepadanya.

 

BACA JUGA: Koalisi “Gajah” Deklarasikan Pasangan Ibnu Saleh – Herry Erfian

 

Belum lagi beberapa nama yang cukup mahsyur di era kini, di mana perempuan menjadi pemimpin dibidangnya. Sebut saja Angela Merkel sebagai kanselir Jerman, Christine Lagarde sebagai Presiden Bank Sentral Eropa, Megawati Soekarno Putri sebagai mantan Presiden dan Ketua Umum PDI Perjuangan.

Kurang? Ada Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya, Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur dan banyak nama lain yang belum saya sebutkan.