Maraknya Aktivitas TI Ilegal di Pangkalpinang, Molen : Dasar Hukum Kita Tidak Kuat Untuk Itu

kasmirudin
Maraknya Aktivitas TI Ilegal di Pangkalpinang, Molen : Dasar Hukum Kita Tidak Kuat Untuk Itu
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. (Foto: Gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Semakin maraknya aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) di wilayah Kota Pangkalpinang, membuat Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil meminta masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah dalam menangani tambang illegal tersebut.

"Aduh, bantu kami lah untuk tambang ini, kami kerja keras benar. Kami rapikan pagi, sorenya sudah ada, kami rapikan sore, malamnya sudah ada. Kesadaran masyarakat yang masih sangat kurang, sedangkan kami, dengan tenaga yang kami punya, masih jauh," ujar walikota yang biasa dipanggil Molen, usai Rapat Koordinasi di ruang rapat wali kota Pangkalpinang, Rabu (9/10/2019).

Ia mengatakan, ada aturannya dalam menindak tegas penambang ilegal tersebut, namun dasar hukum yang dimiliki belum cukup kuat.

"Kita bukan tidak tegas, kita mau tegas. Tetapi aturannya seperti itu. Dasar hukum kita tidak kuat untuk itu, dasar untuk menangkap itu tidak boleh. Kayak kemarin misalnya ada yang bawa parang, sampai mau ngancam gitu, delik pidananya belum masuk kalau kita mau ngurung yang bersangkutan," bebernya.

Molen juga berharap, permasalahan TI ilegal di Kota Pangkalpinang segera secepatnya dapat terselesaikan.

"Kita sedih, disaat kita naik pesawat. Lihat kondisi kota kita itu sangat sedih. Jadi Kita harus cepat - cepat dari sekarang, kalau tidak bisa tenggelam kota tercinta kita ini," harapnya (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review