Masyarakat Desa Gunung Pelawan dan Desa Bintet Keluhkan Kondisi Jembatan Penghubung Tidak Layak Pakai

Ibnuwasisto
Masyarakat Desa Gunung Pelawan dan Desa Bintet Keluhkan Kondisi Jembatan Penghubung Tidak Layak Pakai
Kondisi Jembatan Penghubung antara Desa Gunung Pelawan dengan Desa Bintet, Belinyu Kabupaten Bangka, Sabtu (8/2/2020). (Foto.Ibnu)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID - Kondisi jembatan penghubung antara Desa Gunung Pelawan dengan Desa Bintet yang ada Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka kondisinya kurang layak untuk dijadikan tempat penyeberangan bagi masyarakat setempat.

Jembatan penghubung antar desa tersebut terletak di pinggir pantai dan tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah tingkat desa maupun kabupaten untuk dilakukan perbaikan.

Menurut pantauan dari wartawan media Babel Review di lapangan pada hari Sabtu 8 Februari 2020, kondisi jembatan yang dibangun menggunakan alas papan kayu ini dibangun atas swadaya masyarakat.

Almi (52) masyarakat Desa Bintet saat ditemui dilokasi jembatan menyampaikan terkait dengan kondisi jembatan penghubung antara Desa Gunung Pelawan dengan Desa Bintet bahwa jembatan yang ada selama ini tidak pernah diperhatikan oleh pemerintah daerah.

"Sebenarnya kondisi jembatan ini sudah dilihat oleh Bupati yang terdahulu dan pihak Dinas PU tapi tidak pernah diperbaiki. Jembatan yang ini kita buat baru karena jembatan yang lama kondisinya sudah rusak parah," ujarnya.

Menurutnya, jembatan tersebut merupakan salah satu akses alternatif bagi dua desa. Dikatakannya, masyarakat yang dari Desa Gunung Pelawan maupun dari Desa Bintet akan lebih dekat dan membutuhkan waktu lebih cepat jika melewati jembatan tersebut.

"Kita tidak meminta yang muluk-muluk atau bentuk jembatan permanen yang penting itu wajar dan aman. Pembuatan jabatan ini selama ini kami kerjakan secara swadaya dengan masyarakat, yang intinya belum pernah ada bantuan dari pemerintah desa, kecamatan maupun kabupaten," tuturnya.

Selain terkait masalah jembatan, pihaknya juga menyampaikan terkait dengan bantuan kepada nelayan yang selama ini mereka tidak dapatkan dari pemerintah daerah.

"Mudah mudahan kedepannya, kami dapat merasakan bantuan dari pemerintah daerah seperti jaring ikan ciu ataupun genset," kata Almi.

Sementara itu salah satu warga dari Desa Gunung Pelawan, Yulianto (40) mengatakan jika pihaknya sangat mengharapkan jika pemerintah dapat membangun jembatan penghubung menjadi lebih aman untuk masyarakat.

"Selain minta diperbaiki jembatan itu, kami minta kepada pemerintah untuk memberikan bantuan jaring tangkap ikan bagi para nelayan disini," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review