Masyarakat Sambut Program Tanaman Toga Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu

Ahada
Masyarakat Sambut Program Tanaman Toga Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu
Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu. (Ist)

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID -- Berlangsungnya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ke-XV 2020 yang digagas oleh para mahasiswa Universitas Bangka Belitung telah memasuki pekan ke 4 dalam pelaksanaan kegiatannya.

Adapun kegiatan KKN kali ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 dengan tema “Berkreasi Dari Rumah Untuk Pencegahan dan Edukasi Covid-19”.

Kelurahan Belinyu merupakan salah satu lokasi KKN mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB).

Kuliah Kerja Nyata ini di bimbing oleh bapak Eva Prasetiyono S.Pi.,M.Si. dengan mengangkat tema pada kelompok ini yaitu “Kerja, Sinergi dan Harmoni dimasa pandemi”.

Kelompok ini Diketuai oleh Muhammad Riddho mahasiswa Universitas Bangka Belitung dari jurusan Teknik Mesin.

Kelompok tersebut beranggotakan 15 kelompok dari berbagai macam jurusan dan fakultas yang berbeda.

Salah satu program utama pada KKN ini adalah bidang bermanfaat bagi lingkungan terdiri dari penanaman serta penataan tanaman Toga yang dilaksanakan di  jalan Cut Nyak Dien Dalam RT 02 Kelurahan Belinyu.

Dalam pemanfaatan serta penanaman toga ini dilakukan untuk kebutuhan obat tradisional khususnya yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar.

Sebagai diketahui tanaman obat keluarga atau biasa disingkat “TOGA” ini merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan di perkarangan rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional.

Pengunaan tanaman sebagai pengobatan herbal itu sendiri sudah dipraktekkan sejak jaman Mesir kuno sekitar 2.500 tahun sebelum Masehi.

Di Indonesia diketahui terdapat 30.000 jenis tanaman dari total 40.000 jenis tanaman yang ada di dunia dan 940 jenis diantaranya merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil beberapa penelitian membuktikan bahwa obat (ramuan) tradisional yang di ramu dari tanaman obat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak terlalu menyebabkan efek samping.

Sudah banyak negara maju yang mulai memproduksi obat-obatan dari tanaman herbal.

Program KKN mahasiwa Kelurahan Belinyu ini disambut baik oleh masyarakat sekitar khususnya lingkungan Cut Nyak Dien Dalam nantinya kedepan penenaman toga ini dapat dimanfaatkan dengan baik yang sekarang sedang dalam proses penataan serta penghiasan taman toga ini. (*/BBR)
Sumber: Mahasiswa KKN UBB Kelurahan Belinyu