Mau Tukar Uang Pecahan? Disini Tempatnya

kasmirudin
Mau Tukar Uang Pecahan? Disini Tempatnya
Ilustrasi.

PANGKALPINANG, BABELREVIEW -- Guna menjamin uang pecahan selama ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H, Kantor Perwakilan BI Bangka Belitung memastikan tersedianya uang tunai yang dibutuhkan masyarakat dalam pecahan yang sesuai kebutuhan, kondisi yang layak edar dan dalam waktu yang tepat. Untuk itu, BI Babel menyiapkan beberapa tempat untuk memenuhi kebutuhan uang tunai.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat diimbau untuk menukar uang ditempat resmi, baik yang diselenggarakan oleh BI maupun perbankan.
Masyarakat juga diharapkan berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan meneliti ciri-ciri keaslian uang

Inilah tempat-tempat resmi penukaran uang:

1. Layanan penukaran uang di Mess Bank Indonesia (depan Kantor BI Babel) setiap Senin – Kamis, pukul 08.00-12.00 WIB dari tanggal 21 Mei-7 Juni 2018.

2. Layanan penukaran uang pecahan kecil di kantor-kantor bank umum pada hari kerja (Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok, Koba, Toboali, Belinyu, Tanjung Pandan dan Manggar).

3. Pelayanan penukaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel bekerjasama dengan tiga bank BUMN yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI dalam program layanan penukaran uang “Rupiah Untuk Nageri” di Sungailiat, Toboali, Koba, Muntok, Tanjung Pandan dan Manggar.

4. Kegiatan pelayanan penukaran uang bersama di beberapa tempat di Kota Pangkalpinang pada tanggal 6-8 Juni 2018 di Pasar Pagi, Pasar Trem (Pembangunan) dan Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang. Peserta kegiatan ini adalah BI, Bank Mandiri, BNI dan BRI.

5. Kegiatan kas keliling Bank Indonesia:

A. Muntok 21-23 Mei 2018

B. Koba dan Toboali 23-25 Mei 2018

C. Pulau Belitung 4-7 Juni 2018

D. Pasar Pagi Pangkalpinang 25 Mei 2018

Walaupun animo masyarakat terhadap uang tunai jelang Idul Fitri meningkat, BI mengingatkan masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).
Penggunaan non tunai antara lain dapat dilakukan dalam kegiatan mudik masyarakat dan berbelanja kebutuhan lebaran di beberapa merchant yang telah menyediakan layanan non tunai di Bangka Belitung.

Selain itu, BI juga melakukan pengujian terhadap seluruh infrastruktur guna memastikan terselenggaranya sistem pembayaran secara aman, lancar dan efisien khususnya apabila terjadi peningkatan volume transaksi pada bulan Ramadan.

Dengan langkah tersebut, BI berharap kegiatan ekonomi masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. (BBR)


Penulis :Irwan
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview