Melati Erzaldi Ajak Persiapkan Beltim Menjadi Center of Entrepreneurship

Kasmirudin
Melati Erzaldi Ajak Persiapkan Beltim Menjadi Center of Entrepreneurship
Melati Erzaldi beramah- tamah dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Belitung Timur, Sabtu (12/6/2021). (ist)

BELITUNGTIMUR, BABELREVIEW.CO.ID -- Melati Erzaldi beramah- tamah dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Belitung Timur. Pertemuan ini bertujuan agar program OK OCE dapat berkolaborasi dengan Bupati Belitung Timur, untuk mempersiapkan daerah ini menjadi Center of Entrepreneurship.

Beranjak dari kepedulian sosial, OK OCE dengan Founder Sandiaga Uno dan Indra Uno sudah bergerak sejak lama. Karena menyadari angka pengangguran yang sangat tinggi. Bagaimana menyikapi pengangguran agar tidak bergantung pada orang lain, terlebih menjadi beban keluarga dan pemerintah.

Dijelaskan Melati Erzaldi dalam ramah tamah yang dilaksanakan di Desa Mekar Jaya, Manggar Sabtu (12/6/2021), OK OCE sejak tahun lalu telah melakukan MoU dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang kemudian akan diturunkan kepada kabupaten/kota, kecamatan, desa atau kelurahan didalamnya, harus bisa menjadi Center of Entrepreneurship melalui kerjasama dengan OK OCE.

Melati Erzaldi menjelaskan, tentang membangun entrepreneur yang dimaksud adalah Koperasi UMKM, Perindustrian, Perdagangan, bahkan Bappeda, Pertanian, Kelautan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya juga bertanggung jawab membangunnya melalui program kerja masing-masing.

Kehadiran Kepala Bappeda Beltim pada kesempatan ini, sangat diharapkan Melati Erzaldi agar lebih terarah untuk menggiring pemberdayaan masyarakat dengan berkolaborasi antar OPD.

OK OCE  akan mendukung untuk menjadi mitra, bukan saingan. Dijelaskan Melati Erzaldi justru kehadiran mereka yang akan membantu pemdampingan bagi para pengusaha dan kelompok.

"Sebagai contoh, saat pelaksanaan pelatihan, OK OCE akan memberikan daftar narasumber yang dapat dihadirkan untuk melatih atau mentoring kelompok agar lebih tepat sesuai kebutuhan," jelasnya.

Menurutnya, memang diperlukan suatu pendampingan untuk membangun entrepreneurship agar berfikir lebih daripada sekedar berjualan, tetapi lebih pada membangun pola pikir bagaimana berwirausaha.

"Saya secara khusus mengundang OK OCE untuk memperkenalkan agar bisa satu pemahaman. Seperti yang sudah dilakukan oleh Dekranasda Babel yang baru-baru ini telah mengadakan pelatihan yang tidak biasa, yaitu tentang kepribadian," tukasnya.

Melati Erzaldi sangat berharap, setelah pertemuan dan berbincang langsung dengan perwakilan dari OK OCE, Ilham, dapat ditindaklanjuti untuk bertemu dengan Bupati Belitung Timur.

"Banyak sekali manfaat dan kemudahan yang bisa dikerjakan bersama OK OCE, terlebih link mereka yang berkelas internasional agar masyarakat kita sukses sebagai entrepreneur," ungkapnya. (BBR)


Penulis : Dinas Kominfo Babel

Editor   : Kasmir