Melati Erzaldi Ikuti Rakernas Gerakan Pramuka 2020, Pramuka Bukan Sekedar Anak-Anak Berbaju Coklat

Ahada
Melati Erzaldi Ikuti Rakernas Gerakan Pramuka 2020, Pramuka Bukan Sekedar Anak-Anak Berbaju Coklat
Ketua Kwarda Kepulauan Babel, Melati Erzaldi menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka 2020, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Rabu (19/02/2020). (foto/dok zamhari)

CIBUBUR, BABELREVIEW.CO.ID  - Ketua Kwarda Kepulauan Babel, Melati Erzaldi menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka 2020.

Kegiatan ini diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Rabu (19/02/2020) siang.

Rakernas Gerakan Pramuka yang berlangsung dari tanggal 19-21 Februari 2020 dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang juga merupakan anggota Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Zainudin Amali.

Dalam sambutannya Zainudin Amali mengatakan pemerintah terus mendorong pramuka di nasional, daerah, cabang, dan ranting untuk terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk kegiatan bakti dan pembangunan masyarakat di daerahnya secara berkala.

"Pramuka tidak berjalan sendiri tapi, seiring, sejalan, dan bersinergi dengan kemenpora dan mendorong generasi muda untuk tetap mempertahankan ideologi, karakter, dan budaya," ungkapnya.

Menurut Zainudin, Pramuka juga ikut berperan dalam penanggulangan bencana, mengingat Indonesia berada di wilayah Ring of Fire yang rentan bencana alam.

Sementara Kakwarnas Pramuka Budi Waseso menjelaskan Tema Rakernas 2020 adalah Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana.

Rakernas ini diselenggarakan untuk melaporkan kegiatan kwartir nasional selama setahun terakhir dan merencanakan kegiatan untuk setahun kedepan. 

Budi Waseso berharap pramuka dapat terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat. Termasuk ikut berperan dalam penanggulangan bencana.

Bukan sekedar siap membantu bila bencana datang, tetapi jauh sebelum membantu, meminimalisir terjadinya bencana. Seperti yang dikatakan KaKwarnas Budi Waseso, Pramuka menjadi yang terdepan dengan misi untuk inovasi dan mandiri.

Kewirausahaan mandiri secara ekonomi, menciptakan kakak pramuka mandiri secara ekonomi dan membentuk kewirausahaan.

"Itu sudah duluan Babel lakukan, Kwarda Babel punya program yang sudah dilakukan di tahun 2019. Produk unggulan program One Gudep One Produk. Inkubasi kewirausahaan pelajar dari mulai step ide bisnis sampai dengan pendanaan," ungkap KaKwarda Kepulauan Babel, Melati Erzaldi saat ditemui usai pembukaan.

Sebagai KaKwarda Kepulauan Babel, Melati Erzaldi berharap pramuka bisa membentuk karakter anak bangsa yang bisa diikuti anak-anak lainnya karena menyenangkan.

Pramuka bukan sekedar anak-anak berbaju coklat tapi, teruji kecakapan, ketangguhan, kesiapan, dan kesiagaannya. Dalam rakernas ini Ketua Kwarda Kepulauan Babel, Melati Erzaldi didampingi jajaran Kwarda Babel yaitu Zaidan, Zamhari, Soemarno, Zulfikar dan Meka. (BBR)