Meminimalisir Tunggakan PKB, Bakuda Bateng Gelar Sosialisasi ke Desa

kasmirudin
Meminimalisir Tunggakan PKB, Bakuda Bateng Gelar Sosialisasi ke Desa
Kepala Bakuda Bangka Tengah, Desi Sinorita. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Bangka Belitung Wilayah Bangka Tengah bersama bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) mensosialilasikan pemutakhiran data kendaraan bermotor.

Kepala Bakuda Bangka Tengah, Desi Sinorita kepada Babel Review, Senin (5/8/2019) mengatakan, pihaknya akan ke pemdes-pemdes untuk menggelar sosialisai terhadap surat kendaraan bermotor yang bermasalah.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan program jemput bola dengan membuka Loket Samsat Setempoh bagi warga desa yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) yang sudah mati atau lewat masa aktifnya.

"Sembari bersosialisasi, kita juga membuka Loket Samsat Setempoh, nantinya bekerja sama dengan Pemdes. Kita juga mencari 3 petugas untuk mendata warga desa yang mempunyai masalah pada pajak kendaraan bermotornya," terang Desi.

Dirinya mengatakan, ketiga petugas tersebut diambil dari tiap desa dan akan dijadikan kepanjangan tangan dari Bakuda untuk dipekerjakan di Loket Samsat Setempoh guna mendata setiap kendaarn bermotor bemasalah di satu desa

"Mereka fungsinya untuk pendataan kendaraan bermotor yang bermasalah, misal bila ada kendaraan bermasalah ternyata dalam kondisi rusak tidak bisa digunakan, akan kita data dan disimpan sebagai kendaraan yang tidak aktif pada tahun depan," jelasnya.

Untuk honor, dirinya menerangkan, dalam setiap kedaraan yang didata diupah Rp 3 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda 4. Pembayarannya dilakukan setiap akhir bulan dihitung secara komulatif.

"Tujuan kami dari program ini sebenarnya untuk meminimalisir tunggakan PKB, dengan memberikan sosialisasi sekaligus mengajak warga untuk langsung membayar tunggakan di Loket Samsat Setempoh yang tersedia dikantor desa yang rencana akan dibuat jadwal rutin sesuai dengan tingkat keramaian para penunggak PKB," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review