Mendra Kurniawan : DPRD Siap Dukung Pemkab Bangka Amankan Aset Tanah Pinggir Pantai Di Kelurahan Matras

Ibnuwasisto
Mendra Kurniawan : DPRD Siap Dukung Pemkab Bangka Amankan Aset Tanah Pinggir Pantai Di Kelurahan Matras
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan Amd. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan Amd sangat menyambut baik atas kinerja Pemkab Bangka yang telah melakukan peninjauan ataupun pendataan aset, terutama aset tanah yang berada di sepanjang bibir pantai di Kelurahan Matras.

"Bahwa pihak Pemkab Bangka harus lebih jeli, kita ketahui bersama bahwa banyak aset milik pemerintah daerah khususnya tanah yang berada dikawasan bibir pantai sebagian dikuasai oleh sebagian oknum. Dan Pemkab Bangka telah melakukan langkah cepat dengan membuat plang status kepemilikan dengan harapan jangan sampai aset hilang," tegasnya, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, jika seandainya ada yang merasa memiliki lahan tersebut, nanti tinggal melihat surat kepemilikan atas lahan tersebut. Dan saat ini dapat dilihat jika lahan yang berada di pantai matras sudah dibuat pagar oleh seseorang sehingga masyarakat umum kesulitan untuk masuk ke lahan tersebut.

"Yang haru kita pahami adalah wilayah pantai itu area publik, yang bisa dimanfaatkan untuk wisata, nelayan dan lain sebagainya. Sementara ini kalau kita lihat sudah pemagaran, sehingga masyarakat kesulitan masuk area itu. Dan kita minta Pemkab Bangka harus tegas menyelesaikan permasalahan ini," ujarnya.

Dikatakannya, jika ada surat menyurat yang tumpang tindih dalam status kepemilikan nantinya dapat ditelusuri akar permasalahannya. Sehingga aset itu dapat dapat dijadikan investasi untuk menambah PAD kedepan.

"Dan tahun ini Pemkab Bangka harus konsentrasi dalam pendataan aset, meskipun prosesnya secara bertahap. Yang jelas, Pemda harus fight dalam pertahankan aset ini. Karena sudah banyak aset pemerintah daerah yang telah dikuasai oleh pihak lain, tetapi Pemda masih punya data bahwa aset itu masih punya Pemkab Bangka," kata Mendra Kurniawan.

Kemudian dia menginginkan agar pihak Pemerintah Daerah dapat selalu sinergi dengan DPRD agar fungsi pengawasan dapat berjalan. Dengan begitu dapat secara bersama-sama untuk menyelamatkan aset milik pemerintah, dan Pemda nantinya juga harus siap dalam segi legalitasnya.

"Jika nantinya ada sengketa atas status lahan itu, kita berharap Pemda menempuh jalur hukum. Kalaupun ada pengelolaan aset yang sudah resmi ada perjanjiannya dalam bentuk BOT, Pemkab harus tegas kalau pihak ketiga diwajibkan segera action agar pemerintah daerah mendapatkan PAD untuk kas daerah," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review