Mendra Kurniawan Nilai Program Rapid Test Gratis Pemkab Bangka Adalah Terobosan Sangat Baik

Ibnuwasisto
Mendra Kurniawan Nilai Program Rapid Test Gratis Pemkab Bangka Adalah Terobosan Sangat Baik
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan Amd saat menghadiri Dialog Ketungan di RRI Sungailiat, Selasa (7/7/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Selesai menghadiri dan sekaligus menjadi narasumber di dialog interaktif bersama dengan Bupati Bangka, Mulkan SH MH dan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan Amd mengatakan bahwa diskusi tersebut membahas tentang mengenai kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangka yang memberikan fasilitas pemeriksaan rapid test gratis kepada masyarakat.

Dengan kegiatan diskusi yang diselenggarakan di RRI Sungailiat itu, dengan harapan agar masyarakat dapat mengetahui dari ekspektasi adanya fasilitas pemeriksaan rapid test gratis tersebut.

"Bahwa apa yang tadi disampaikan saat diskusi, jika program ini terobosan yang sangat baik. Dan kami berharap program ini dapat tepat sasaran, yang mana ini suatu bentuk kebijakan pemkab Bangka bersama dengan DPRD Bangka. Dan fasilitas pemeriksaan rapid test gratis diutamakan untuk para pelajar dan mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di luar Pulau Bangka," tegasnya, Selasa (7/7/2020).

Pasalnya, bagi masyarakat umum juga boleh menggunakan fasilitas tersebut untuk melakukan pengecekan kesehatan tubuhnya. Dengan pertimbangan mungkin saja ada masyarakat yang pernah melakukan kontak primer maupun sekunder terhadap pasien Covid-19.

"Ini merupakan sebagai salah satu cara juga untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19. Dan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan rapid test gratis ini syaratnya harus menunjukkan KTP kemudian melapor ke Tim GTPP atau BPBD supaya dapat dikeluarkan surat rekomendasi untuk selanjutnya melakukan pemeriksaan rapid test gratis di RSUD Depati Bahrain Sungailiat," terang Mendra Kurniawan.

Pihaknya sangat mengharapkan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan program rapid test gratis itu secara bijak. Kemudian ia menjelaskan saat ini rujukan rumah sakit untuk program rapid test gratis hanya di RSUD Depati Bahrain, tetapi apabila animo masyarakat semakin banyak tidak menutup kemungkinan akan ada rumah sakit rujukan lainnya yang dapat melakukan rapid test gratis itu.

"Dengan kondisi new normal sekarang ini bukan berarti masyarakat bisa bebas, justru dengan dibukanya kembali untuk melakukan aktivitas masyarakat harus lebih waspada. Artinya masyarakat harus tetap mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review