Mengenal Wakaf, Beserta Syarat dan Hukumnya

Admin
Mengenal Wakaf, Beserta Syarat dan Hukumnya
Sumber gambar : unsplash.com

BABELREVIEW.CO.ID - Sudah bukan rahasia lagi, jika wakaf adalah amalan kebajikan dalam agama Islam yang mendatangkan pahala berkesinambungan, bahkan hingga seseorang telah meninggal dunia. Meskipun demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang belum begitu paham tentang wakaf. Sehingga penting bagi seorang muslim untuk mengetahui pengertian, syarat, serta hukum dari wakaf, sebelum akhirnya melakukan wakaf.

 

Apa  yang Dimaksud Dengan Wakaf?

Arti paling mudah tentang wakaf adalah menghibahkan harta,  dengan tujuan demi kebermanfaatan banyak orang. Sedangkan jika lebih diperdalam lagi, sebenarnya terdapat empat istilah  tentang wakaf,  yang telah ditetapkan oleh ahli fikih yaitu Abu Hanifah, Mazhaf Maliki, Mazhaf Syafi’i dan Ahmad bin Hambal, serta Mazhaf lainnya. Namun demikian, semuanya bertujuan sama yaitu untuk kepentingan umat.

 

Lantas  Apa Saja Keutamaan Dari Wakaf?

Ada beberapa keutamaan yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk berwakaf di antaranya:

  1. Pahala yang terus berkelanjutan dan tak terputus, meskipun sudah meninggal dunia.
  2. Harta yang digunakan untuk wakaf akan terus terpelihara,  sebab tak bisa diperjualbelikan, dipindah tangankan,  ataupun diwariskan.
  3. Manfaat dari wakaf akan dirasakan oleh banyak kalangan, seperti pembangunan masjid, pengadaan sarana air bersih, pengadaan Alquran dan kepentingan umat lainnya.
  4. Wakaf menjadi sarana meringankan masyarakat yang membutuhkan.
  5. Wakaf juga merupakan media dakwah, memajukan lembaga sosial dan keagamaan, serta membangun perekonomian umat.
  6. Terjaminnya surga dan berbalasnya pahala beratus kali lipat bagi orang-orang yang berwakaf.

 

Hukum Wakaf

Hukum wakaf yaitu sunnah, apabila dilakukan mendapat pahala dan apabila tidak dilakukan tidak apa-apa. Wakaf adalah perbuatan hukum yang tentunya mempunyai beberapa unsur serta dasar hukum dalam menjalankannya.

Wakaf termasuk ke dalam kebaikan tolong menolong. Pasalnya, sebagai umat muslim pastinya kita semua ingin mendapatkan pahala, tak ada salahnya apabila kita mampu dalam segi ekonomi kita melakukan wakaf uang.

Jenis Wakaf

Secara garis besar, terdapat empat jenis wakaf yaitu :

  1. Dari segi tujuan. Dalam hal ini terdapat dua tujuan wakaf, yaitu yang ditujukan untuk lingkungan keluarga sendiri,  serta yang bertujuan  untuk kepentingan umat dan agama.
  2. Dari jenis harta. Terdapat dua jenis harta wakaf yaitu berupa aset tanah, bangunan yang sifatnya tak bergerak, dan juga uang, surat berharga ataupun sejenisnya yang termasuk harta bergerak.
  3. Dari segi waktu. Dari segi waktu wakaf dibedakan menjadi dua. Wakaf untuk kebermanfaatan selamanya, atau jika hanya diberikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan pemilliknya.
  4. Dari sisi kegunaan manfaat. Ada wakaf yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung seperti pembangunan tempat ibadah, panti asuhan, pengadaan Alquran. Namun ada pula yang manfaatnya tidak dirasakan secara langsung, seperti penanaman modal untuk proses memproduksi suatu barang.

Syarat Wakaf

Secara umum terdapat tiga syarat wakaf sebagai berikut:

  1. Dari segi orang yang berwakaf. Untuk bisa melakukan wakaf, maka Anda haruslah berusia dewasa, sehat jasmani dan rohani, dan tidak dalam masa tahanan.
  2. Dari segi harta benda yang diwakafkan. Untuk benda yang diwakafkan, bergerak atau tak bergerak, harus berstatus milik sendiri, memiliki nilai atau value,  dan tetap bisa dimanfaatkan  untuk kepentingan bersama.
  3. Terdapat saksi. Ketika Anda memutuskan berwakaf, maka harus terdapat saksi dari pihak yang netral. Tujuannya tak lain adalah demi mengurangi resiko salah paham antara ahli waris, dengan pihak yang menggunakan wakaf tersebut.

Sejatinya wakaf adalah salah satu amalan kebaikan,  yang harus mulai dipikirkan dan dilakukan sesegera mungkin, mengingat pahalanya yang terus mengalir. Hanya perlu meluruskan niat dan memaksimalkan ikhtiar untuk dapat mewujudkannya. Jika  membutuhkan informasi terkait wakaf, maka Anda dapat membuka Instagram Literasi Zakat Wakaf atau YouTube Literasi Zakat Wakaf.